Mengenal Asam Jawa dan Berbagai Manfaatnya


Pertanianku – Pada umumnya, Asam Jawa banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu masak. Asam Jawa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Nutrisi dan vitamin yang terkandung pada buah ini, disinyalir mampu mengobati dan meringankan beberapa keluhan kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari Asam Jawa.

  • Mengobati Gangguan Empedu

Kandungan air asam yang terkandung dalam buah disinyalir bisa mengobati gangguan empedu. Selain itu, asam juga dikenal sebagai buah yang mampu membantu tubuh untuk melawan infeksi karena virus.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum ramuan Asam Jawa yang dicampur dengan madu atau gula jawa, bisa membantu Anda meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, Asam Jawa juga bisa membantu keberhasilan program diet.

  • Memperbaiki Kesehatan Perut

Nutrisi dan air asam dari buah ini dikatakan mampu melawan virus dan bakteri dalam tubuh. Salah satunya adalah bakteri dan virus penyebab gangguan kesehatan perut. Bagi Anda yang mengalami radang usus, sakit maag ataupun lambung tentu tidak perlu takut untuk mengkonsumsi Asam Jawa. Campurkan Asam Jawa, susu, lemon dan madu lalu gunakan sebagai obat. Minum secara teratur dan dapatkan perut sehat.

  • Mengobati Diabetes

Asam Jawa mengandung sifat yang mampu memblokir karbohidrat lebih pada tubuh. Tidak heran jika buah ini juga dikatakan sebagai buah yang mampu membatu Anda terbebas dari penyakit diabetes. Tidak sedikit pengobatan tradisional menggunakan asam jawa sebagai obat diabetes dan menurunkan gula darah dalam tubuh.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya zat antioksidan yang terdapat dalam buah ini, menjadikan Asam Jawa sebagai ramuan mujarab yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dari buah ini disinyalir mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Baca Juga:  Temuan Baru, Herbal ini Mampu Bunuh Sel Kanker dalam 16 Jam

Penyakit jantung adalah penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat dunia. Demi menjaga diri dari gangguan jantung, Anda disarankan mengkonsumsi Asam Jawa. Mengingat buah ini mampu mencegah proses oksidasi kolesterol, tidak heran jika Asam dikatakan baik untuk jantung.

  • Mencegah Risiko Kanker

Antioksidan yang tinggi dari Asam Jawa dikatakan bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

  • Kesehatan Kulit

Air asam sangat baik untuk memperbaiki kesehatan kulit. Asam Jawa bisa menjadi buah yang baik untuk mengobati luka bakar maupun luka lain pada kulit. Asam memiliki kandungan enzim, serat, vitamin B, vitamin C, dan asam alpha hydroxyl dimana kandungan ini mampu mengangkat sel kulit mati.

Itulah beberapa manfaat Asam Jawa untuk kesehatan. Mengingat begitu banyak manfaat Asam Jawa bagi kesehatan, disarankan untuk Anda menggunakannya sebagai obat alami. Selain rendah risiko, obat alami dari Asam Jawa juga lebih murah dan mudah.

 

loading...
loading...