Mengenal Ayam Arab

Pertanianku – Ayam kampung sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok tanah air. Pengertian ayam buras meliputi seluruh ayam bukan ras atau selain ayam negeri pedaging dan petelur. Dengan demikian, yang tergolong ke dalam jenis ayam buras adalah jenis-jenis ayam seperti ayam kampung, ayam kedu, ayam nunukan, ayam pelung, atau ada juga yang memasukkan ayam hias ke dalam golongan ini. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada skema keluarga ayam.

Mengenal Ayam Arab

Selain pengertian di atas, ada juga yang menggunakan istilah ayam kampung untuk beberapa jenis ayam buras. Ayam buras seperti ayam kedu, ayam nunukan, ayam arab dan jenis ayam lainnya sering dikategorikan ke dalam golongan ayam kampung.

Loading...

Ayam arab merupakan ayam tipe petelur unggul karena kemampuannya bertelur yang cukup tinggi. Produksi telurnya dapat mencapai 190—250 butir per tahun dengan berat telur rata-rata 40 g. Ayam arab mudah dikenali dari warna bulunya. Berdasarkan warna bulunya, ayam arab dibedakan menjadi dua yaitu, jenis silver (berwarna putih mengilap atau orang menyebutnya perak) dan jenis gold (merah). Untuk jenis silver, bulu sepanjang leher berwarna putih mengilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor dominan hitam bercampur putih. Sementara, jenggernya kecil dengan warna merah menyala dan mata hitam dengan dilingkari warna kuning.

Ciri lain ayam arab adalah pada saat umur satu minggu pejantan sudah tumbuh jengger. Induk betina tidak mempunyai sifat mengeram dengan usia produktif sampai umur 1,5 tahun. Dengan pengelolaan yang baik, ayam ini bisa dipupuk sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan.

Baca Juga:  Penggunaan Antibiotik untuk Ayam
Loading...
Loading...