Mengenal Ayam Nunukan Asal Kalimantan

Pertanianku Ayam nunukan diberi nama sesuai dengan daerah ayam tersebut berasal, yaitu Nunukan yang terletak di Pulau Tarakan, Kalimantan Timur. Namun, ada juga yang menyebutkan ayam ini bukan merupakan ayam asli asal Nunukan, melainkan dari Cina bagian selatan.

ayam nunukan
foto: Trubus

Para perantau dari Cina membawa ayam nunukan masuk ke Kalimantan Timur melalui Tawao dan Nunukan sekitar 1922. Tak heran, sebagian masyarakat menyebut ayam ini dengan sebutan ayam cina.

Sebutan ayam cina semakin melekat karena ayam nunukan sering digunakan untuk upacara keagamaan etnis Tionghoa. Ayam ini dikategorikan sebagai ayam penghasil daging dan telur.

Meskipun terbilang pendatang, ayam nunukan sering dianggap sebagai ayam lokal karena sudah beradaptasi cukup lama di Indonesia, lebih dari 50 tahun.

Ayam nunukan jantan memiliki ciri khas yang sangat menonjol. Ayam jantan terlihat besar, tegap, tetapi kurang cukup gagah karena bulu ekor dan sayapnya tidak tumbuh sempurna. Bulu ekornya pendek sehingga lebih mirip seperti ekor yang dipotong.

Ayam betina memiliki bulu ekor serta sayap yang sempurna, berbeda dengan pejantan. Warna bulunya kuning agak kecokelatan atau kombinasi antara kedua warna tersebut. Warna kulit dan paruh umumnya berwarna kuning. Sosok tubuh ayam betina lebih kecil daripada ayam jantan.

Kelebihan ayam ini memang terletak pada kulitnya yang berwarna kuning dan shank kuning sehingga tampilannya sangat menarik. Pertumbuhan ayam relatif lebih baik dibandingkan ayam kampung lainnya.

Pertumbuhan bulu ayam terbilang cukup lambat, tetapi kondisi tersebut memang sangat sesuai dengan kondisi lingkungan ayam ini berasal. Pulau Nunukan merupakan daerah yang panas.

Ayam betina dewasa bisa memiliki bobot hingga sebesar 1,9 kg. Ayam nunukan betina sering digunakan sebagai ayam petelur karena memilki daya bertelur cukup tinggi sehingga peternak bisa mendapatkan panen telur relatif banyak. Kualitas telur yang dihasilkan juga sangat baik sehingga disukai oleh konsumen. Bahkan, kualitas telurnya lebih baik daripada ayam kampung lainnya, hal ini dapat dilihat dari bobot telur dan bobot kuning telur.

Baca Juga:  Memahami Ciri-ciri Domba Sedang Sakit

 


loading...