Mengenal Ayam Serama


Pertanianku – Ayam serama adalah ayam yang bertubuh kecil di dunia yang berasal dari Malaysia. Ayam ini sangat menyenangkan untuk dipelihara karena pandai menarik hati orang dengan gayanya yang penuh aksi.

Mengenal Ayam Serama

Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki nilai seni yang tinggi, tidak heran banyak peternak maupun broker yang rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan ayam yang sudah diakui oleh American Poultry Association (APA) dan American Bantam Association (ABA) sebagai ayam terkecil di dunia.

Seorang broker dan juga peternak yaitu Rudi Pelung, pernah kepincut dengan ayam serama selama 8 tahun. Awalnya  Rudi hanya melihat temannya memiliki serama yang langsung di dibeli dari Thailand. Mulai dari saat itu Rudi mulai tertarik dengan ayam samara.

Ayam serama memiliki nilai seni yang tinggi, hal ini dikarenakan adanya perubahan mutasi genetik yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi kecil dan gagah. “Nilai seninya terlihat dari perubahan mutasi genetik yang diarahkan sehingga bentuknya menjadi kecil dan gagah. Faktor ini pula yang menyebabkan ayam serama mahal, karena semakin dia melawan kodrat, semakin mahal harga dari ayam serama,” ungkap Rudi.

“Ayam serama punya konsep yang sangat berbeda dari ayam jenis lainnya. Ayam ini tegak, gagah, kecil bentuknya dan memiliki karakter yang pemberani, seperti orang body guilding yang dikolaborasikan dengan peragawan,” ujar Rudi. Saat ini sudah banyak orang yang memiliki ayam serama bahkan semakin berkembang pesat. Namun, Rudi sangat menyayangkan pada peternak ayam serama yang hanya sekedar memelihara tanpa melihat seni dari ayam tersebut. Padahal jika diperhatikan jauh lebih dalam, nilai seni ayam serama sangat tinggi.

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta
loading...
loading...