Mengenal Bagian-bagian Tanaman Cokelat

Pertanianku— Di selatan Meksiko hingga Bolivia dan Brasil tanaman cokelat dibiarkan tumbuh liar. Daerah asal tanaman ini adalah hutan hujan tropis di Amerika Tengah, tepatnya pada wilayah 18°LU-15°LS. Cokelat merupakan tanaman yang menumbuhkan bunga dari batang atau cabang. Untuk melancarkan rencana Anda membudidayakannya, penting untuk mengetahui bagian tanaman cokelat. Simak ulasan berikut ini.

bagian tanaman cokelat
foto: pertanianku

Akar

Akar tanaman ini adalah akar tunggang atau radix primaria. Pertumbuhan akar tanaman bisa tumbuh hingga 8 m ke arah samping dan 15 m ke bawah. Tanaman yang diperbanyak secara vegetatif pada awalnya tidak memiliki akar tunggang, tetapi akar serabut dalam jumlah yang sangat banyak. Setelah dewasa, tanaman baru memiliki dua akar yang menyerupai akar tunggang.

Loading...

Perkembangan akar tanaman sangat dipengaruhi oleh struktur tanah, air tanah, dan aerasi yang terjadi di dalam tanah. Drainase yang buruk akan menciptakan genangan di permukaan tanah. Hal tersebut akan menyebabkan akar tunggang tidak bisa tumbuh lebih dari 45 cm. Kondisi tersebut juga akan terjadi pada air tanah yang terlalu dalam.

Batang

Pohon cokelat dapat tumbuh hingga setinggi 8—10 m dari pangkal batang di permukaan tanah. Tanaman ini memiliki potensi untuk tumbuh lebih pendek jika ditanam tanpa pelindung. Tanaman yang diperbanyak dari biji akan menumbuhkan batang utama sebelum menumbuhkan cabang-cabang primer. Letak cabang primer disebut jorket, tingginya 1—2 m dari permukaan tanah.

Sementara, tanaman yang diperbanyak secara vegetatif tidak akan memiliki jorket. Cabang primer akan tumbuh dekat dengan pangkal batang yang dekat dengan permukaan tanah. Hal tersebut menyebabkan tanaman menjadi lebih rendah dibanding tanaman yang berasal dari biji.

Daun

Daun cokelat terdiri atas tangkai daun dan helai daun. Panjang daunnya berkisar 25—34 cm dengan lebar 9—12 cm. Daun tumbuh pada ujung tunas yang berwarna merah dan disebut daun flush. Setelah dewasa, warna daun akan berubah menjadi warna menjadi hijau dan permukaannya kasar. Daun yang sering terlindung dari matahari akan memiliki warna yang lebih tua dibanding daun yang terkena matahari.

Baca Juga:  Tanaman Buah yang Berkhasiat untuk Menyembuhkan Maag

Mulut daun terletak di bagian bawah permukaan daun, jumlahnya bergantung pada intensitas cahaya matahari yang diterima oleh daun.

Bunga

Jumlah bunga yang tumbuh dapat mencapai 5.000—12.000 bunga per pohon. Bunga cokelat merupakan bunga sempurna yang terdiri atas daun kelopak sebanyak 5 helai dan benang sari sebanyak 10 helai.

Buah

Buah cokelat merupakan buah buni dengan tekstur daging bijinya yang sangat lunak. Kulit buahnya memiiliki ketebalan 1—2 cm dan beralur sebanyak 10 alur. Pada waktu muda biji buah akan menempel pada kulit buah. Semakin tua buah, bijinya akan terlepas dari kulit buah.

 

Loading...
Loading...