Mengenal Bahan Pakan Untuk Ternak Domba


Pertanianku – Domba merupakan hewan yang memerlukan hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan konsentrat atau penguat hanya diperlukan sebagai pakan tambahan saja. Oleh karena itu, bahan baku pakan domba yang dapat diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu hijauan dan konsentrat.

Bahan Pakan Ternak Domba

  1. Hijauan

Hijauan umumnya terdiri dari berbagai jenis rumput liar, limbah dan hasil ikutan pertanian, rumput jenis unggul yang dibudidayakan, serta berbagai jenis leguminosa. Hijauan tersebut merupakan bahan pakan yang kandungan serat kasarnya relatif tinggi. Pakan hijauan yang sudah tua mengandung serat kasar yang tinggi dan menjadi kurang bemutu. Hijauan yang bermutu baik adalah yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Secara umum, hijauan rumput lebih rendah mutunya dibandingkan dengan jenis leguminosa. Kandungan protein leguminosa lebih dari 20%, sedangkan rumput kurang dari 10%. Oleh karena itu, kombinasi bahan yang terdiri dari rumput dan leguminosa merupakan bahan pakan yang bermutu. Domba yang diberi pakan kombinasi tersebut tidak perlu diberikan pakan tambahan lagi berupa konsentrat.

  1. Konsentrat

Konsentrat atau pakan penguat terdiri dari biji-bijian yang digiling halus seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak, dan katul. Bahan pakan tersebut umumnya memiliki kandungan serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna.

Domba yang diberi konsentrat ialah domba-domba yang sedangbunting tua atau menyusui, pejantan yang aktif, dan domba yang  mengalami kekurangan pakan hijauan akibat kemarau panjang.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular
loading...
loading...