Mengenal Beberapa Jenis Ikan Baung, si Ikan Berkumis

Pertanianku Ikan baung merupakan salah satu ikan yang dikonsumsi masyarakat Indoensia seperti Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Ikan ini memang endemik di beberapa daerah. Beberapa jenis ikan baung, si ikan berkumis ini dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri berikut.

Ikan baung merupakan
Foto: fishbase.se

Ikan baung kuning

Disebut juga sebagai ikan baung senggal atau senggal saja dalam bahasa Sunda. Ikan ini memiliki panjang tubuh kurang dari 20 cm. Sirip lemaknya pendek. Ciri lainnya adalah jika ujung sirip punggung terlipat, tidak akan mencapai awal sirip lemak.

Loading...

Tubuh ikan baung kuning umumnya berwarna polos cokelat kekuningan. Terdapat garis memanjang di tengah sisi tubuh berwarna krem atau kekuningan. Kepala ikan ini agak memipih datar dan lebar.

Beberapa sungai ditemukannya ikan ini antara lain Sungai Cianten, Cidurian, Cikeas, Ciliwung, Citarum, Cisokan, dan Cimanuk.

Ikan baung putih

Ikan ini justru lebih sering disebut sebagai ikan baung saja. Panjang rata-rata ikan baung putih mencapai 20 cm. Ikan ini dikenali dengan ciri sirip lemak yang pendek dan pangkal sirip lemak memiliki panjang kurang dari setengah jarak sirip punggung ke sirip ekor.

Sirip punggung baung putih memiliki duri lunak. Bila sirip terkembang, akan tampak seperti gigi gerigi yang meruncing pada bagian tersebut. Kepala baung agak memipih datar dan lebar.

Baung putih dapat ditemui di sungai-sungai daerah Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, dan Semenanjung Malaya. Di Kalimantan, ikan baung putih dapat ditemukan di hampir seluruh daerah. Sementara, daerah Sumatera dapat ditemui di Sumatera Utara, Riau tepatnya di daerah Indragiri, Jambi, dan Sumatera Selatan di Banyuasin dan Ogan.

Ikan baung tageh

Ikan baung jenis ini banyak tersebar di Pulau Jawa. Ikan ini dikenal dengan nama lain ikan bawon dalam bahasa Betawi, singgal atau singgah dalam bahasa Sunda, dan tageh dalam bahasa Jawa. Beberapa daerah lain seperti Banyumas mengenal ikan ini dengan baceman. Sementara, di Kuningan Jawa Barat disebut sebagai beong atau bebeong.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Sisik Ikan dengan Praktis

Panjang tubuh ikan baung tageh maksimum mencapai 38 cm, namun umumnya kurang dari itu. Warna tubuh relatif seragam tanpa bintik atau bercak hitam. Kepala baung tageh memipih dan datar, tubuh memipih tegak. Ikan ini banyak dikonsumsi dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar lokal.

Loading...
Loading...