Mengenal Beragam Jenis Ikan Kerapu


Pertanianku — Di beberapa negara tropis, ikan kerapu (groupers) sudah mulai dibudidayakan secara komersil. Selain memiliki rasa daging yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, ikan kerapu bahkan lebih mahal dari jenis ikan kakap merah. Ada beberapa jenis ikan kerapu yang ada saat ini.

jenis ikan kerapu
Foto: Google Image

Walupun begitu, ikan kerapu sedang menjadi bahan diskusi di beberapa lembaga karena populasinya yang semakin berkurang di perairan Indonesia. Nah, berikut ini uraian mengenai beragam jenis ikan kerapu.

  1. Kerapu tikus

Ikan kerapu tikus/bebek di Indonesia banyak terdapat di daerah perairan Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Ambon, dan Pulau Buru. Seluruh permukaan tubuhnya berwarna putih keabuan dan bagian kepala lancip menyerupai bebek atau tikus.

  1. Kerapu kertang

Kerapu kertang sering disebut giant grouper karena ukurannya mencapai di atas rata-rata ukuran kerapu pada umumnya, sekitar 1,5 meter dengan berat lebih dari 100 kg. Namun, beberapa pemancing juga menyebutnya kerapu hitam.

Ciri khasnya adalah memiliki warna kuning berbintik hitam di siripnya dan badan hitam dengan bercak-bercak putih ataupun kuning dari kepala hingga pangkal ekornya. Ikan ini dapat ditemukan di perairan yang memiliki kondisi terumbu karang yang masih bagus.

  1. Kerapu macan

Ikan kerapu macan mempunyai bentuk badan yang pipih memanjang dan agak bulat. Tubuh ikan kerapu ini ditutupi oleh sisik yang mengilap dan bercak loreng menyerupai bulu macan. Jumlah ikan kerapu diperkirakan ada 46 spesies yang hidup di berbagai tipe habitat. Salah satunya jenis epinephelus yang saat ini mulai dibudidayakan.

  1. Kerapu batik

Ciri khas kerapu batik ini memiliki ciri-ciri warna kecokelatan pucat atau abu-abu pucat pada kepala, badan, dan sirip. Warnanya yang unik ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi, bahkan sangat potensial untuk dibudidayakan. Ikan kerapu ini memerlukan waktu pemeliharaan hingga pemanenan selama 8 bulan. Populasi ikan kerapu batik banyak terdapat di daerah perairan atol.

  1. Kerapu cantang
Baca Juga:  Laba Puluhan Juta dari Beternak Patin

Jenis ikan ini memiliki warna kulit cokelat kehitaman dengan 5 garis hitam melintang di bagian tubuhnya. Pada bagian mulut kerapu dilengkapi gigi-gigi yang berderet dua baris, ujungnya lancip dan kuat. Sementara itu, ujung luar bagian depan dari gigi baris luar adalah gigi-gigi yang besar.

Pertumbuhan ikan kerapu ini dua kali lipat dari kerapu lainnya serta tahan penyakit dan memiliki harga ekonomi yang tinggi. Harga hidupnya mencapai Rp30.500 per 100 gram.

  1. Kerapu sunuk

Pada jenis kerapu ini memiliki warna yang cantik dengan warna merah dan bintik-bintik biru bewarna gelap pada pinggirnya. Habitatnya berada di terumbu karang dan lautan terbuka. Kerapu sunuk memiliki kembaran bernama kerapu lodi (Plectropomus maculatus). Bedanya, hanya totol biru yang lebih sedikit.