Mengenal Beragam Manfaat Buah Tin

Pertanianku – Buah tin merupakan tumbuhah penghasil buah dengan warna keunguan yang dapat dikonsumsi secara langsung. Tumbuh di daerah Asia Barat, bermula dari pantai Balkan hingga Afganistan. Setelah banyak yang tahu mengenai manfaat buah tin, banyak negara yang membudidayakan buah primitif ini.

Mengenal Beragam Manfaat Buah Tin

Selama ini mungkin Anda hanya menikmati rasanya saja tanpa ambil pusing memikirkan khasiatnya. Tetapi bagi mereka yang menderita penyakit seperti jantung koroner dan darah tinggi sangat memerlukan informasi lebih lengkap mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan, khususnya untuk mengobati penyakit hipertensi dan jantung koroner.

Buah ini tetap banyak dicari meski harganya cukup mahal. Fenomena tersebut wajar terjadi karena para pembeli sudah tahu apa saja manfaat buah tin. Jika Anda hingga kini belum tahu, berikut manfaat buah tin yan wajib Anda ketahui.

  1. Menurunkan kadar kolesterol darah

Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk dalam darah dapat memicu penyumbatan dalam jaringan sirkulasi darah di dalam jantung. Apabila dikeluarkan, risiko terkena penyakit jantung koroner akan dikurangi. Kadar LDL harus diseimbangkan dengan kolesterol baik (HDL) agar plak-plak mudah disingkirkan dan jantung tidak perlu bekerja ekstra untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat diperlukan beberapa tindakan seperti pemenuhan nutrisi berupa serat pektin. Kebetulan, di dalam manfaat buah tin terdapat serat larut bernama pektin yang mempunyai keahlian dalam menyapu tumpukan kolesterol jahat di usus untuk dibawa keluar.

  1. Mengontrol tekanan darah

Mineral seperti kalium dibutuhkan tubuh untuk mengontrol tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi yang riskan mengalami serangan jantung yang fatal akibatnya. Manfat buah tin ternyata dapat penyuplai banyak kalium dan beberapa mineral lain yang diyakini berkhasiat untuk menurunkan dan mengontrol darah tinggi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tanaman Mangga yang Sudah Berbunga Tapi Tidak Berbuah

Meski buah tin mempunyai cita rasa manis, jika sudah diserap tubuh tidak akan memicu diabetes ataupun membahayakan penderitanya. Serat di dalam buah tin akan bekerja memperlambat proses penyerapan glukosa pada usus kecil.

  1. Mengoptimalkan kinerja insulin

Diabetes berkaitan dengan insulin, yakni hormon yang bertugas mengendalikan glukosa dan merubahnya menjadi energi.

Daun dari pohon buah tin dapat direbus dan dikonsumsi oleh penderita diabetes guna membantu peningkatan insulin. Bila terjadi kekurangan insulin, maka gula darah tidak bisa dikontrol. Satu-satunya cara praktis adalah melakukan suntik insulin ke dalam darah agar segera tersebar ke seluruh tubuh dan secara langsung bekerja mengontrol gula darah.

  1. Mencegah kanker usus besar, saluran pencernaan, dan kanker payudara

Manfaat buah tin terkenal karena mengandung salah satu antioksidan kuat bernama polifenol. Senyawa antioksidan tersebut dapat mengurangi dan mencegah efek radikal bebas yang dialami tubuh seperti kanker. Selain itu, serat di dalam buah tin bekerja mengikat zat karsinogen yang mendorong laju pertumbuhan sel kanker pada saluran cerna, tepatnya usus besar.

  1. Obat sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan tidak bisa diremehkan begitu saja karena keinginan makan akan berkurang, sehingga berefek pada penurunan sistem imun yang memudahkan bakteri penyakit menyerang tubuh.

Cukup konsumsi jus buah tin secara rutin maka sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Di dalam buah tin terdapat banyak cairan atau lendir yang bekerja efektif mengobati sakit tenggorokan.

  1. Peluruh batu ginjal

Manfaat daun tin yang diolah menjadi air rebusan berfungsi untuk menghancurkan batu ginjal dikarenakan mengandungs aponin dan alkaloid, yang bermanfaat sebagai diuretik atau peluruh urin.


loading...