Mengenal Berbagai Jenis Pakan Biji untuk Kenari

Pertanianku – Pakan biji-bijian yang dapat diberikan pada kenari cukup banyak dan mudah diperoleh. Ada yang dalam bentuk kemasan, ada pula yang dibuat sendiri oleh pedagang pakan atau oleh perusahaan pakan burung lokal. Ada pula pakan jenis impor. Bila digunakan pakan kiloan, perlu diperhatikan kualitasnya karena sering tercampur kotoran. Hal itu dapat diatasi dengan merendam pakan tersebut dalam air, membersihkannya dari kotoran, dan membuang biji-biji yang mengapung di atas air.

pakan kenari

Kualitas biji dikatakan baik jika masih bisa berkecambah (hidup) dan bisa turun ke dasar air jika direndam. Dengan begitu, biji diharapkan kandungan gizinya masih cukup tinggi. Bijian yang direndam dalam air harus dijemur hingga kering kemudian disimpan dalam kaleng setelah dipastikan cukup dingin atau panasnya telah hilang.

Tidak semua biji-bijian yang disodorkan ke kenari disukai atau langsung dimakan. Untuk itu, harus diupayakan agar kenarimemakan setiap jenis bijian yang diberikan. Berbagai jenis bijibijian yang dapat diberikan pada burung kenari di antaranya sebagai berikut.

a. Biji kenari

Biji kenari dihasilkan dari salah satu tanaman rerumputan. Sebaiknya biji kenari selalu diutamakan untuk dijadikan pakan burung kenari. Oleh para produsen, pakan dari biji kenari dijadikan label dalam memasarkan pakan kenari dan biasanya dicampur dengan biji-bijian lain. Label kemasan dengan sebutan Canary Seed. Biji kenari yang kurang bagus berwarna krem keabuan, sedangkan yang baik berwarna abu-abu kehitaman dan isinya cukup padat.

Biji kenari sangat baik diberikan pada saat kenari memasukimasa penjodohan sampai memasuki masa kawin atau pada saat akan dikonteskan. Hal ini karena pada saat itu kenari membutuhkan energi cukup besar. Biji kenari kurang baik diberikan pada kenari muda berumur kurang dari tiga bulan sebab kulitnya agak liat atau sulit dipipil. Namun, biji kenari harus tetap diberikan sebagai campuran pakan untuk lebih dikenali dan membiasakan burung, terlebih lagi anakan tersebut masih disatukan dengan induknya.

Baca Juga:  Cara Membuat Nuri Cepat Ngomong

b. Milet

Milet dapat diberikan pada kenari, tetapi kurang disukai karena agak pahit, biji dalamnya tidak begitu besar. Milet yang ada di pasaran berwarna putih dan merah kecokelatan. Ada pula milet yang diimpor, terutama dari Australia. Milet paling baik diberikan dalam bentuk kecambah, khususnya pada anak burung yang mulai makan sendiri. Biji milet umumnya dicampurkan pada biji kenari (Canary Seed).

c. Godem

Godem biasanya sering dijadikan campuran pakan burung perkutut. Warnanya hitam dan ukurannya lebih besar dari biji bayam. Godem sangat baik untuk kenari muda karena mampu merangsang suaranya untuk cepat berkicau. Pada kenari yang sedang mengalami ganti bulu, godem berguna untuk mempercepat proses rontoknya bulu dan merangsang agar kenari tidak terlalu lama berhenti berkicau.

Pemberian godem dalam jumlah banyak akan meningkatkan suhu badan. Untuk itu, pemberiannya sebaiknya dibatasi hingga 5% dari total campuran pakan bijian yang diberikan. Pada musim hujan, godem cukup baik diberikan agar suhu badan kenari stabil.

d. Jewawut

Biji jewawut lokal warnanya cokelat, dijual dalam bentuk pipilan atau masih pada malainya. Pemberian jewawut lokal bila berlebihan kurang baik karena burung menjadi cepat gemuk sehingga malas bergerak dan kurang rajin berkicau. Jewawut impor dikenal sebagai jewawut bangkok, warnanya merah bata, ukurannya lebih besar dari jewawut lokal. Sekalipun kurang disukai kenari, tetapi jewawut dapat dijadikan pakan alternatif bila biji-bijian lain sulit ditemui di pasaran. Pemberian jewawut lokal disarankan hanya pada kenari muda yang masih dalam tahap/proses pertumbuhan.

e. Biji lobak

Biji lobak dapat diberikan pada kenari dan sifatnya basah, mudah disisil, sangat disukai kenari di musim panas. Meskipun kenari sangat menyukai biji lobak, jumlah yang diberikan perlu dibatasi karena mengandung kadar lemak cukup tinggi. Pada kenari dewasa, cukup 5% dari total campuran dan pada kenari muda yang baru dalam proses pertumbuhan diberikan 10% dari total campuran bijian yang diberikan.

Baca Juga:  Cara Membuat Nuri Cepat Ngomong

Biji lobak sebaiknya tidak diberikan pada kenari yang sedang mengalami masa ganti bulu karena dapat memperlambat burung untuk berkicau kembali. Kalaupun ingin memberikannya, cukup 2—3% dari total campuran dan sebaiknya tidak setiap hari.

f. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung minyak dan baik untuk menyuburkan dan membuat bulu kenari bercahaya. Kandungan minyaknya dapat memperlancar proses produksi telur pada kenari yang ditangkarkan. Biji bunga matahari yang diberikan pada kenari sebaiknya bentuknya pipih karena kadar lemaknya lebih rendah daripada yang lonjong agak bulat bergaris. Sebelum diberikan, kulitnya dikuliti dan dipotong agar lebih tipis. Akan tetapi, jangan sekalikali memberikan biji bunga matahari untuk camilan sebab kadar garamnya sangat membahayakan suara kenari.

g. Kacang hijau

Sepertinya jarang sekali hobiis memberikan kacang hijau sebagai pakan kenari karena bentuknya cukup besar dan keras. Kacang hijau bisa diberikan dalam bentuk kecambah atau dibuat menjadi butiran kecil atau bentuk tepung.

h. Jagung

Jagung jarang diberikan pada kenari. Jika akan diberikan, bisa berupa butiran kecil atau jagung biji (kering) yang telah digiling sebelumnya atau dalam bentuk tepung. Bisa juga diberikan jagung muda yang masih segar dan membiarkan kenari menyisilnya sendiri untuk mengisap isinya.

Loading...