Mengenal Berbagai Jenis Vaksinasi Kucing


Pertanianku – Seperti halnya manusia, kucing harus dilindungi dengan vaksinasi agar dapatmelawan segala penyakit yang mungkin datang menyerangnya. Vaksinasi merupakan jalan terbaik yang diyakini dapat melawan virus dan penyakit akut lainnya. Oleh karena itu, vaksinasi dianggap penting.

Macam

Ada dua macam vaksinasi, yaitulive-virus dan non-infectious. Live-virus merupakan patogen yang dimodifikasi untuk mencegah vaksin yang menyebabkan penyakit. Bagian dari life virus, yaitu MLV (modified live virus). MLV harus direplikasi pada kucing setelah terinfeksi terlebih dahulu. Adapun jenis lain dari MLV yang tersedia di beberapa negara, yaitu vaksin intranasal (IN). IN didesain untuk bagian yang terserang secara lokal (diteteskan ke mata atau hidung). IN dapat menghasilkan sistemimun yang baik dengan perlindungan yang lebih cepat. IN bermanfaat untuk mencegah herpesvirus atau calicivirusyang letaknya di bagian mata dan hidung.

Vaksin non-infectious disebut juga killed virus (KV). Penggunaannya kadangdipercaya lebih aman dibandingkan vaksin MLV. Hal ini karena vaksin MLV tidak mampu direplikasikan pada kucing dan tidak dapat mencegah penyakit. Selain itu, respon imun yang dihasilkan oleh KV lebih rendah dan jangka waktunya cukup singkat. Vaksin KV diperlukan hanya sebagai adjuvant atau sebuah substansi yang dapat membantu meningkatkan respon imun.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta
loading...
loading...