Mengenal Berbagai Varietas Melon

Pertanianku – Seiring dengan semakin berkembangnya penelitian dalam pemuliaan tanaman melon, kini di pasar benih Indonesia terdapat dua jenis varietas melon yaitu varietas bersari bebas (open polinated variety) dan varietas hibrida (hibrid variety). Varietas melon hibrida ini lebih potensial untuk dijadikan bisnis karena penampilan tanaman dan tipe buahnya seragam serta memungkinkan diperolehnya kombinasi karakter unggul yang diinginkan dari beberapa tipe melon dalam sebuah varietas baru.

Berbagai Varietas Melon

Karakter-karakter unggul tersebut antara lain kualitas buah yang baik tanpa adanya kerusakan fisik akibat serangan hama dan penyakit, daya simpan buah yang cukup lama, mampu beradaptasi terhadap kondisi cuaca yang lebih lembap, serta tanaman yang tahan terhadap serangan hama dan patogen (penyebab penyakit).

Loading...

Melon di pasar dunia terdiri dari tujuh kelompok utama, tetapi hanya tiga di antaranya yang umum dibudidayakan di Indonesia, yaitu Reticulatus (Cucumis melo var. reticulatus), Inodorus (Cucumis melo var. inodorus), dan Cantaloupensis (Cucumis melo var. cantaloupensis).

  1. Kelompok Reticulatus

Kelompok Reticulatus memiliki beberapa sebutan, di antaranya rockmelon, netted melon, american cantaloupe, atau false cantaloupe. Kelompok ini memiliki ciri kulit buah keras, kasar, berjala (net), daging buah beraroma, berwarna hijau atau oranye, umur buah masak antara 75—90 hari, awet, serta tahan lama disimpan. Contoh varietas dari kelompok ini adalah melon Sky Rocket, Action 434, Mai 119, Alien, Sumo, dan Glamour.

  1. Kelompok Inodorus

Kelompok Inodorus disebut juga winter melon. Cirinya yaitu kulit buah mulus (tidak berjala), tekstur daging buah renyah, berwarna putih, hijau atau oranye, aroma buah sedang bahkan ada yang tidak beraroma. Ciri lain dari tipe ini adalah buah tidak mudah jatuh dari tangkainya ketika masak. Contoh dari tipe kelompok ini adalah melon Apollo, Golden Langkawi, Kinanti, Honey Dew, Sunrise Meta, Orange Meta, Golden Meta, Bright Meta, Snow White Meta, dan Jade Flower. Saat ini kelompok Inodorus mulai populer dan memiliki harga jual yang lebih mahal daripada melon-melon dari kelompok Reticulatus.

  1. Kelompok Cantaloupensis
Baca Juga:  Tips Jitu Mengatasi Hama Rayap pada Pohon Kopi

Melon dari kelompok Cantaloupensis ini memiliki ciri khas, di antaranya kulit buah umumnya berjuring, permukaan kulit buah kadang-kadang tidak mulus, aroma daging buah sangat kuat, dan warna daging buah umumnya kuning atau oranye. Ukuran buah relatif kecil (1—1,2 kg/buah). Buah bersifat klimakterik, artinya buah yang dipanen sebelum masak akan menjadi masak dengan berjalannya waktu. Contohnya Red Cantaloupe, Carribean Melon, Hales Best, dan Blewah.

 

Sumber Buku: Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

 

Loading...
Loading...