Mengenal Bibit Pullet

Pertanianku -Faktor genetik yang terkandung di dalam semua strain ayam petelur baik ISA Brown, Hisex Brown, Lohmann Brown, dan Hyline Brown telah dibentuk sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan produksi telur yang tinggi (henday) dengan FCR yang lebih rendah. Namun, untuk memunculkan semua potensi tersebut, salah satunya dibutuhkan pullet berkualitas.

Bibit Pullet

Upaya membentuk pullet berkualitas dimulai dengan pemilihan bibit (DOC) berkualitas. DOC berkualitas adalah idaman setiap peternak karena akan menghasilkan ayam dewasa dengan kualitas yang juga lebih baik.

Selama ini, dikenal tiga kualitas DOC, yaitu kualitas 1 (grade 1), kualitas 2 (grade 2), dan kualitas 3 (grade 3). Grade 1 merupakan DOC dengan kualitas genetik terbaik dan diperoleh dari bibit yang sedang optimal produksinya sehingga DOC yang dihasilkan berkualitas. Grade 2 dan 3 berasal dari induk yang kualitas produksinya belum optimal (bibit muda) atau sudah mulai menurun performanya (bibit tua) sehingga DOC yang dihasilkan juga memiliki nilai genetik yang lebih rendah.

Meskipun demikian, bukan berarti DOC grade 2 dan 3 tidak mampu menjadi pullet berkualitas. Banyak kasus di lapangan DOC dengan kualitas 2 atau 3 bisa menghasilkan pullet berkualitas asalkan dipelihara dengan cara yang tepat. Ciri-ciri DOC layer berkualitas antara lain sebagai berikut.

  1. Bobot awal sesuai standar.
  2. Bulu bersih dan segar.
  3. Mata bersinar.
  4. Gerakan lincah.
  5. Dubur dan pusar kering/bersih.
  6. Tidak cacat (jari kaki bengkok atau buta).

 

Sumber: Buku Bisnis Pembesaran Pullet

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

loading...