Mengenal Bioarang dari Kotoran Ternak

Pertanianku — Jika pembuatan arang umumnya menggunakan kayu dan tempurung kelapa. Namun, kini pembuatan arang dapat dibuat dari kotoran ternak. Bioarang dari kotoran ternak adalah arang yang diperoleh dari pembakaran biomassa kering dengan sistem tanpa udara (pirolisis).

bioarang dari kotoran ternak
foto: pertanianku

Bioarang dapat dibuat dari bahan-bahan organik seperti kotoran hewan ataupun tumbuh-tumbuhan. Pengggunaan kayu dan tempurung kelapa untuk pembuatan arang dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, misalnya saja akan semakin banyak pohon yang ditebang dan kayunya dimanfaatkan untuk diolah menjadi arang. Oleh karena itu, bioarang merupakan salah satu solusi untuk mencegah penggunaan bahan baku kayu yang berlebihan.

Bioarang dari kotoran ternak yang sudah dibuat umumnya menggunakan kotoran sapi. Pembuatan bioarang bisa dilakukan langsung tanpa melalui pembuatan arang terlebih dahulu. Namun, manfaat biomassa yang diolah dengan cara seperti ini kurang efektif.

Loading...

Bioarang sendiri memiliki kelebihan. Hasil pembakarannya lebih besar jika dibandingkan dengan kayu. Misalnya, kayu mampu menghasilkan pembakaran hanya 3.300 kkal/kg, sedangkan energi yang dihasilkan dari bioarang sebesar 5.000 kkal/kg.

Bioarang juga masih memiliki kelebihan lainnya. Misalnya, asap yang dihasilkan lebih sedikit dibanding arang biasa, bentuk dan ukuran seragam karena dibuat menggunakan alat pencetakan, dan karena bentuknya yang seragam membuat bioarang memiliki penampilan yang lebih menarik. Selain itu, bioarang menggunakan bahan baku limbah yang sudah tidak dimanfaatkan lagi sehingga meminimalisir masalah lingkungan.

Namun, pembuatan bioarang juga memiliki beberapa kekurangan, yakni pembuatan bioarang terbilang cukup mahal dibanding arang biasa. Namun, biaya produksi bioarang dapat ditekan dengan cara produksi skala besar. Selain itu, kekurangan lainnya dari pembuatan bioarang adalah rumitnya pembakaran bioarang dibanding pembakaran arang biasanya. Pembakaran bioarang dapat diatasi dengan menggunakan penetesan minyak tanah atau spritus.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Bioarang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembakaran atau untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar memasak. Pemanfaatan bioarang akan makin efektif jika pembakaran dilakukan dalam tungku yang terbuat dari tanah liat.

Tungku tersebut memiliki dua bagian, yakni atas dan bawah. Bagian atas digunakan untuk tempat pembakaran bioarang dan menempatkan ketel atau peralatan masak lainnya. Sementara, bagian bawah berfungsi menampung abu sisa pembakaran.

Loading...
Loading...