Mengenal Buah Anggur


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai. Salah satunya adalah buah anggur.

anggur

Anggur berasal dari Afghanistan hingga Laut Hitam dan Laut Kaspian. Dari sana, buah ini meluas ke Mediterania, Eropa Barat, India, Cina, dan Jepang. Kini, anggur bisa ditanam hampir di seluruh dunia. Ada tiga spesies yang dikenal, yaitu european grapes (Vitis vinifera), north american grapes (Vitis labrusca dan Vitis rotundifolia), dan french hybrids. Pohon anggur mempunyai batang tegak, berkayu, panjang 15—20 cm atau lebih. Mempunyai sulur yang bercabang. Daun menjari seperti telapak tangan manusia, bagian tepi bergerigi, panjang 5—15 cm, lebar 3—12 cm. Bunga kecil berhadapan dengan tangkai daun, berbau wangi, warna hijau kekuning-kuningan. Buah bulat sampai lonjong—bujur telur, panjang 6—25 mm. Kulit buah tipis, warna hijau, hijau muda kekuningan, dan merah sampai hitam. Daging buah mengandung banyak air, berbiji atau tanpa biji. Rasanya asam sampai manis.

Yang special, di buah anggur terdapat kandungan resveratrol dalam anggur mampu menahan berkembangnya sel- sel lemak sehingga dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...