Mengenal Buah Avokad


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai. Seperti buah avokad.

alpukat

Avokad berasal dari kawasan Amerika Tengah. Kini, buah ini ditanam di kawasan tropis dan subtropis, termasuk juga di Indonesia. Buah berjuntai, bulat, bujur telur atau berbentuk buah pir, panjang hingga 20 cm dan lebar 15 cm. Buah hijau saat muda atau hijau kekuningan berbintik ungu, ungu atau hampir hitam setelah masak, tergantung varietas. Kulit buah licin atau kasar. Isi daging buah berwarna kuning semburat hijau. Berbiji satu, besar, dan di dalamnya terdapat isi buah, bentuk bulat berdiamater 2,5—5 cm, warna putih kemerahan.

Buah tidak matang di pohon karena pematangannya terhambat oleh hormon yang diproduksi daun. Daging buah lunak jika sudah masak dan berwarna hijau pucat kekuningan. Buah masak ditandai dengan warna kulit hijau tua, tidak mengilap. Bila buah dikocok terdengar suara “koplak” karena benturan biji dengan daging buah.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...