Mengenal Buah Belimbing


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai.

22

Buah merupakan sumber vitamin, mineral, dan kaya enzim. Penelitian membuktikan, mereka yang mengonsumsi buah-buah tertentu, hidup lebih sehat dan tanpa gangguan penyakit yang berarti. Buah membantu meningkatkan jumlah energi dan meredakan kelelahan. Buah juga berperan dalam proses detoksifikasi untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Salah satu buah tersebut adalah belimbing.

Belimbing berasal dari Ceylon dan Maluku. Saat ini, buah ini banyak ditanam di wilayah Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Belimbing juga dapat ditemukan di Cina bagian selatan, Taiwan, dan India.

Kulit buahnya tipis transparan, mengilap seperti berlapis lilin. Ketika masih muda hijau, bila sudah masak warnanya kuning muda sampai kuning tua kemerahan. Panjang buah 5—15 cm, berbentuk bulat telur sampai bulat panjang, berusuk lima. Bila dipotong melintang, buah menyerupai bintang sehingga disebut juga star fruit atau star apple. Berdaging dan banyak mengandung air. Rasanya manis sampai asam. Bijinya kecil-kecil, jumlahnya bisa mencapai 12 buah. Warna biji putih kotor kecokelatan, pipih, bentuknya elips dengan kedua ujung meruncing.

Baca Juga:  Kadek Arimbawa: Ada Kebijakan Ketahanan Pangan yang Belum Terwujud
loading...
loading...