Mengenal Buah Durian


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai. Salah satunya adalah Durian.

Buah belah Studio Surip 11052010 (74)

Dalam referensi Barat, durian diistilahkan sebagai ‘smells like hell, but tastes like heaven’ karena aromanya yang cukup menyengat, namun cita rasanya sangat lezat. Buah ini asli Asia Tenggara, dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan-hutan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Terdapat juga di Srilangka, India, Papua Nugini, Australia, Hawai, dan Zanzibar. Termasuk buah besar karena beratnya bisa mencapai 4 kg dengan diamater 30 cm. Buah berbentuk bulat, bujur telur, bulat memanjang, bentuk pir, dan variasi lain. Buah berduri tumpul tetapi biasanya tajam, ada yang kecil, besar, dan lebar. Warna kulit hijau muda, hijau tua, kekuning-kekuningan.

Pohon durian berbuah setelah berumur 4—5 tahun dan dapat tumbuh setinggi 40 m. Daging buah kuning pucat hingga cerah seperti keemasan, dengan biji yang ukurannya bervariasi, tergantung spesiesnya. Termasuk buah musiman dengan masa panen di akhir musim kemarau sampai awal musim hujan. Biasanya berbarengan dengan musim panen manggis, mangga, dan rambutan.

Baca Juga:  Pemerintah Genjot Industri Pengembang Sektor Pertanian
loading...
loading...