Mengenal Burung Bersuara Merdu


Pertanianku – Bagi Anda pecinta burung, mungkin masih terdengar asing dengan burung satu ini. Dialah burung sanger. Burung ini memiliki bobot tubuh yang kecil sekitar 10–11 cm, burung ini memiliki suara kicau yang khas dengan suara yang ngerol yang membuatnya sangat mirip dengan burung kenari. Burung sanger memang keluarga dari burung kenari. Oleh karena itu yang menjadikan burung ini sebagai salah satu burung dengan kicau paling melodius di dunia.

Mengenal Burung Bersuara Merdu

burung sanger berasal dari Benua Afrika. Burung ini sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu.  Namun, karena ukuran dan bentuknya yang kurang menarik menjadikan burung ini  kurang diminati para penggemar burung berkicau.

Habitat dari burung sanger sebenarnya cukup luas, yaitu  mulai dari Afrika Selatan, Sudan, hingga wilayah timur Senegal. Spesies burung sanger ini banyak di jumpai di alam liar, terutama di daerah seperti peternakan, perkebunan hingga sekitar pemukiman masyarakat.

Berikut beberapa subspesies burung sanger antara lain.

  1. Serinus leucopygius riggenbachi: Wilayah persebaran di Senegal hingga wilayah barat Sudan.
  2. Serinus leucopygius pallens : Terbatas di wilayah utara Nigeria.
  3. Serinus leucopygius leucopygius: Wilayah persebaran meliputi Sudan, wilayah selatan Ethiopia, dan kawasan selatan Uganda.

Sebagaimana jenis burung green singin finch/mozambik, burung sanger juga mempunyai perilaku agresif terhadap burung lain. Tetapi burung edel sanger sangat mampu bersaing jika disandingkan dengan jenis green finch lainnya, misalnya kenari ataupun blacktthroat. Sehingga tidak mengherankan jika edel sanger sering dikawinkan dengan blackthroat, sehingga anakannya dikenal dengan sebutan blacksang.

Membedakan sanger jantan dengan betina sangat sulit, hal ini dikarenakan spesies ini adalah burung bertipe monomorfik seksual, yang artinya penampilan antara sanger jantan dengan sanger betina mempunyai penampilan yang sangat mirip. Bahkan sepintas tak ada bedanya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Korisa (Snot) Pada Ternak Ayam

Di Kalangan para sanger mania, apalagi bagi yang sudah berpengalaman, dapat  membedakan jenis kelamin burung ini melalui suara kicauannya. Sebab hanya burung sanger jantan yang memiliki kicauan yang bervariasi, sedangkan edel sanger betina hanya memiliki suara panggilan yang monoton.