Mengenal Burung Burung Kasturi Ternate


Pertanianku – Burung kasturi ternate memiliki nama Latin Lorius garrulus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama chattering lorry. Burung ini termasuk salah satu spesies burung endemik yang terdapat Indonesia.

Mengenal Burung Burung Kasturi Ternate

Habitat burung kasturi ternate adalah di daerah hutan primer dan sekunder yang tinggi, serta tepian hutan. Biasanya burung-burung ini berkeliaran secara berpasangan, tetapi terkadang juga dalam sebuah kelompok yang terdiri sekitar 10 ekor burung. Makanan burung adalah nektar, madu, dan buah.

Kasturi ternate dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm serta memiliki bulu yang dominan berwarna merah dan kedua sayap berwarna hijau dengan warna kuning pada lipatannya. Ujung ekor dan bagian paha juga berwarna hijau sementara bagian tepi sayap dan penutup sayap bawah berwarna kuning. Paruhnya berwarna jingga dengan bagian pangkal berwarna lebih gelap. Lingkaran matanya berwarna abu-abu dengan bola mata berwarna merah atau jingga.

Terdapat 3 subspesies dari burung kasturi ternate yaitu morotaianus yang hidup di wilayah Morotai dan Rau, Maluku Utara, garrulous hidup di wilayah Halmahera dan kepulauan disekitarnya dengan ketinggian mencapai 1040 mdpl, flavopalliatus hidup di wilayah Bacan dengan ketinggian mencapai 1300+ mdpl, dan obi  dengan ketinggian 730+ mdpl.