Mengenal Burung Jalak Putih

Pertanianku – Jalak putih (black-winged starling) dikenal masyarakat Sunda dengan jalak bodas karena warna bulunya didominasi warna putih. Hanya ada sedikit warna hitam di ujung sayap dan ujung ekornya. Di habitatnya, jumlah jalak putih sudah sangat langka. Namun, beberapa hobiis telah berhasil menangkarkannya.

Jalak Putih

Sekalipun bukan burung kontes, jalak putih sangat diminati berbagai kalangan dan dijadikan burung peliharaan favorit. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis jalak putih di pasaran. Namun, jalak putih asal Jawa Timur lebih diminati karena bulunya lebih bersih dan ukuran badannya cukup besar.

  • Habitat dan kebiasaan hidup

Hutan sekunder terbuka, dataran rendah yang ditumbuhi pohon tinggi, taman kota, dan kebun penduduk menjadi tempat hidup jalak putih. tempat bersarangnya di lubang pohon dan menghasilkan 2—3 ekor anakan. Dalam kehidupan sehari-harinya, burung ini lebih suka berkelompok dan terkadang berpasangan pada saat kawin.

  • Pakan alami

Jenis serangga, ulat daun, dan buah.

  • Karakter

Penurut, mudah dibuat jinak, dan manja.

  • Daya tarik

Bulunya yang berwarna akan terlihat digelembungkan saat berkicau, sedangkan sayapnya dibentangkan. Selain itu, jalak putih bisa dijadikan burung mainan karena sifatnya yang manja.

  • Kelemahan

Doyan makan, jorok, dan kakinya cepat bersisik.

  • Tips khusus pemeliharaan

Untuk bisa lebih menikmati penampilannya, peliharalah sepasang jalak putih di kandang besar. Jika perawatannya baik dan benar, kemungkinan besar pasangan burung ini bisa menghasilkan keturunan.

 

Sumber: Buku memelihara 42 Burung Ocehan

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Cucakrawa Asal Medan

loading...