Mengenal Burung Kenari


Pertanianku – Seperti perkutut di Jawa, kenari adalah burung klangenan para bangsawan di Eropa. Sejak masa Romawi, kenari mulai dipelihara dan ditangkarkan. Tidak mengherankan kalau sekarang begitu banyak varian burung yang aslinya berasal dari Pulau Canary di Samudera Atlantik itu. Di Indonesia, diduga kenari dibawa masuk meneer Belanda di zaman kolonial. Seiring tren, para kenari mania terus mendatangkan jenis baru burung mungil itu dari luar negeri. Aslinya kenari dipelihara sebagai burung hiasan untuk dinikmati warna bulunya. Namun, dalam perkembangannya, ternyata kenari bisa meniru kicauan burung lain. Dari sanalah asal mulanya kenari masuk ke dalam kontes kicauan.

mengenal burung kenari

  1. Nyanyian

Suara kicauan kenari mencericip sampai menciap. Burung pemaster yang sering dipakai adalah pleci, ciblek, atau blackthroat.

  1. Jenis dan Asal Kenari

Kenari yang biasa dijadikan burung kontes adalah jenis yorkshire. Alasannya jenis itu mudah didapat di pasaran daripada jenis lain. Alasan lain, yorkshire memiliki suara besar, lebar, dan tajam kalau dibandingkan dengan jenis lain. Jenis lain yang banyak dijadikan bahan kontes adalah holland. Selain kedua jenis itu ada juga kenari lokal yang dihasilkan para penangkar di Indonesia. Jenis lokal kualitasnya beragam. Kalau membeli bakalan, pastikan mengamati beberapa lama untuk memastikan mendapatkan bakalan yang gacor.

loading...
loading...