Mengenal Burung Nuri Telinga Biru


Pertanianku – Nuri Telinga Biru merupakan spesies burung yang paling kecil dalam genus Eos. Burung Nuri Telinga Biru memiliki nama latin Eos semilarvata. Burung ini memiliki banyak nama lain seperti Ceram Lory, Half-masked Lory atau Seram Lory. Nuri Telinga Biru merupakan salah satu burung endemik Indonesia.

Mengenal Burung Nuri Telinga Biru

Panjang tubuh burung ini hanya sekitar 24 cm. burung nuri ini memiliki bulu yang dominan berwarna merah dengan bagian pipi, dahi, dan telinga berwarna biru. Bulu pada bagian perut dan ekor bawahnya memili warna biru keunguan. Sementara sayapnya bercorak bergaris hitam. Burung nuri yang telah dewasa memiliki paruh berwarna oranye, sementara burung nuri muda memiliki paruh berwarna pink. Habitat burung Nuri Telinga Biru adalah di Pulau Seram dan Maluku, dengan ketinggian antara 1.600 hingga 2.400 mdpl. Namun terkadang ditemukan juga spesies yang hidup hingga ketinggian yang hanya sekitar 800 mdpl.

Burung Nuri Telinga Biru biasa makan di pohon berbunga, dan biasanya berkeliaran dalam sebuah kawanan kecil. Meskipun daerah penyebaran burung nuri telinga biru sangat terbatas, tetapi populasi nuri telinga-biru masih tergolong belum mengkhawatirkan. Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri telinga-biru berada pada status “Resiko Rendah (LC)”. Sementara status perdagangan internasionalnya adalah “Appendix II”, dapat diperdagangkan namun dengan mengikuti beberapa peraturan.

Baca Juga:  Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?