Mengenal Cacing Pohon Natal


Pertanianku – Bagi beberapa orang pasti asing mendengar cacing pohon natal. Ternyata cacing pohon natal memang benar ada, sekilas cacing ini benar-benar menyerupai pohon natal. Berbeda dengan cacing biasanya, cacing pohon natal hanya hidup dan berkembang biak di dasar laut.

Dilaporkan Amusing Planet, cacing spirobrachus giganteus hidup di dasar laut dengan ciri-ciri memiliki bulu-bulu yang tersusun membentuk spiral di tubuhnya hampir menyerupai pipa. Bulu-bulunya terdiri dari sulur-sulur tipis yang menyerupai rambut biasanya disebut radioles, yang muncul dari pusat saraf cacing pohon natal yang berfungsi membantu menangkap makanannya.

MENGENAL CACING POHON NATAL
setangkai

Makanan mereka terdiri dari tanaman mikroskopik atau phytoplankton yang mengambang di air. Bulu cacing ini juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Uniknya cacing pohon natal ini  tidak lebih dari 4 cm. Daya tarik cacing ini terlihat dari warna-warnanya yang beragam mulai dari biru, putih, oranye, dan kuning, sangat indah bila dipandang mata.

Cacing jenis ini tidak banyak bergerak dan tidak terlalu agresif. Jika mereka sudah menemukan tempat di terumbu karang, cacing pohon natal akan melubangi terumbu karang dan tinggal di sana semasa hidupnya sampai akhir.

Cacing pohon natal juga sangat sensitif terhadap gangguan-gangguan dari luar dan akan cepat-cepat masuk ke lubang jika mendeteksi sentuhan yang lewat.

Menurut data World Register of Marine Species, bahwa cacing ini merupakan spesies yang populasinya menyebar, sehingga sampai saat ini belum ada upaya pelestarian hewan laut ini. Habitat cacing pohon natal yakni laut tropis, dan dapat dijumpai dari Karibia hingga Samudra Hindia.

Baca Juga:  Upaya Pemanfaatan Air Hujan Jadi Air Minum
loading...
loading...