Mengenal Dua Jenis Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Pertanianku — Usaha ternak kelinci dapat dilakukan dalam kandang kelinci sistem tertutup ataupun terbuka. Dua jenis sistem kandang ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Selain itu, kandang kelinci tertutup ternyata memiliki dua jenis yang berbeda.

kandang kelinci
Foto: pixabay

Keunggulan kandang kelinci sistem tertutup adalah pembudidayaan lebih intensif. Selain itu, kandang tertutup membutuhkan lahan yang lebih kecil. Jika Anda ingin menitikberatkan ternak kelinci pada peningkatan bobot daging, jenis kandang ini cukup sesuai. Sayangnya, kandang kelinci tertutup membutuhkan infrastruktur lebih mahal.

Kandang tertutup postal


Loading...

Tipe kandang ini digunakan untuk proses perkawinan. Kandang postal juga digunakan untuk membesarkan anak kelinci sebelum disapih dari induknya. Biasanya, anak kelinci akan siap disapih setelah memasuki usia 8 minggu.

Tipe kandang postal tidak memungkinkan kelinci untuk banyak bergerak. Akibatnya, kandang ini sesuai bagi Anda yang ingin melakukan penggemukan kelinci. Asupan yang dikonsumsi oleh kelinci akan lebih cepat berubah menjadi daging.

Ukuran kandang tertutup ini tidak begitu tinggi, lebar serta panjang kandang juga secukupnya. Tipe postal dapat diletakkan di luar ruangan dan di dalam ruangan. Sebaiknya, gunakan dinding kandang dengan bahan penutup seperti triplek agar tahan terhadap angin dan hujan. Di salah satu sisi, berikan pula jeruji kawat agar Anda bisa mengawasi kelinci tersebut.

Kandang tertutup baterai

Kandang tertutup tipe baterai baik digunakan untuk melakukan pembesaran bagi kelinci. Umumnya, ukuran kandang per ruangannya berkisar lebar 60 cm, panjang 60 cm, dan tinggi 40 cm. Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran kelinci dan kebutuhan kelinciAnda. Semakin besar kelinci, kandang yang dibutuhkan akan semakin luas.

Karena penempatan satu kandang baterai untuk satu kelinci, kandang ini sebaiknya tidak terlalu luas. Kelinci akan banyak bergerak jika kandang terlalu luas sehingga tidak efektif untuk penggemukan. Di sisi lain, kandang yang terlalu sempit dapat memicu kelinci terkena stres.

Baca Juga:  Optimalisasi Varietas Tanaman Pakan Ternak oleh Pemerintah

Keunggulan kandang tertutup baterai adalah dapat dibuat bersusun seperti rak. Anda harus menyiapkan sekat untuk menampung kotoran dan air kencing kelinci. Agar lebih mudah, pilihlah sekat yang bisa dicopot. Sebaiknya, hindari penggunaan kawat sebagai lantai agar kelinci tidak terluka.

Sama seperti kandang terutup postal, tipe kandang baterai juga dapat diletakkan di dalam ataupun luar ruangan. Jika di luar, Anda harus memastikan kandang terbuat dari bahan yang tidak tembus air dan angin malam.

Loading...
Loading...