Mengenal Empat Buah Musim Kemarau Populer

Pertanianku — Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim tersebut sangat memengaruhi proses pembentukan buah dan bunga pada pohon buah. Oleh karena itu, ada sebagian buah yang dapat tumbuh subur di musim kemarau dan sebagian lainnya pada musim hujan. Buah musim kemarau populer adalah anggur, mangga, apel, dan jeruk.

buah musim kemarau
foto: pixabay

Keempat buah tersebut sebenarnya tetap bisa tumbuh dan berbuah di musim hujan. Namun, panen yang dihasilkan tidak akan optimal atau pohonnya mudah terserang oleh hama. Simak ulasan lebih lanjut mengenai buah musim kemarau.

Anggur

Loading...

Buah anggur diduga berasal dari Laut Hitam dan Laut Kaspi, lalu menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan selanjutnya masuk ke Asia, salah satunya Indonesia. Anggur merupakan salah satu tanaman buah tertua karena sudah dibudidayakan sejak zaman Nabi Nuh. Kini, buah anggur banyak dibudidayakan oleh hobiis buah menjadi pohon hias di pekarangan rumah karena pertumbuhan pohon yang menjalar sehingga bisa dibentuk sesuai keinginan.

Proses penanamannya pun terbilang cukup mudah. Anggur sangat menyukai matahari dan kurang senang berada di bawah penaung seperti pohon besar atau atap.

Mangga

Mangga berasal dari India, Srilanka, dan Pakistan. Saat ini mangga menjadi buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Ada banyak varietas unggulan mangga yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Ada dua tipe mangga, yaitu monoembrioni (satu biji tumbuh satu tunas) dan poliembrioni (satu biji tumbuh dari dua tunas). Mangga poliembrioni biasanya berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Apel

Buah yang berasal dari Israel dan Palestina ini sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apel banyak dikembangkan di Eropa dan Australia. Di Indonesia, apel banyak ditanam di Batu, Malang. Daerah Batu merupakan agribisnis apel yang sudah terkenal dan bahkan sudah menjadi ciri khas dari kota tersebut. Fungsi buah untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah untuk diet. Buah ini juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Penggerek Buah Kopi

Jeruk

Jeruk berasal dari India, Cina, dan ada beberapa varietas yang berasal dari Florida Australia Utara, dan Kaledonia. Tanaman jeruk menyukai intensitas cahaya matahari yang tinggi. Hal tersebut akan memengaruhi buah yang dihasilkan.

 

 

Loading...
Loading...