Mengenal Grass Carp, Si Ikan Vegetarian


Pertanianku – Bagi kalangan yang hobi memancing pastilah mengenal ikan grass carp. Ikan air tawar grass carp atau graskap merupakan ikan yang sangat lezat jika diolah menjadi masakan. Citarasa ikan ini masih kalah dibandingkan dengan ikan lele, gurami, atau nila. Selain dapat dinikmati ikan ini merupakan pemberantas serangan gulma di air tawar.

Mengenal Grass Carp, Si Ikan Vegetarian

Dibandingkan dengan ikan jenis air tawar lain, ikan graskap masih kalah kesohor di telinga masyarakat kita. Namun, bukan berarti permintaan ikan vegetarian ini tidak ada sama sekali. Di Belanda dan Amerika Serikat, ikan graskap kerap dimanfaatkan untuk mengendalikan gulma di danau dan perairan lainnya.

Asal tahu saja, ikan graskap bisa memakan tanaman dengan jumlah hingga tiga kali total berat badannya. Ketika dewasa, panjang tubuh grass carp dapat mencapai 1,2 meter dengan berat 20 kg. Selain itu, ikan ini termasuk jenis ikan musiman. Ikan ini hanya bertelur ketika sedang musim penghujan.

Manfaat lainnya pada ikan graskap cukup penting bagi manusia, nilai jual ikan ini belum setinggi ikan air tawar lainnya. Secara sistematis ikan graskap termasuk dalam kelas Osteichthyes, ordo Cyprinipormes, famili Cyprinidae. Ciri-ciri fisik ikan ini adalah warna abu-abu gelap kekuningan dengan campuran perak kemilau, badan memanjang, kepala lebar dengan moncong bulat pendek, gigi paringeal dalam deretan ganda dengan bentuk seperti sisir.

Baca Juga:  Berbagai Metode Budidaya Kerang Hijau yang Mudah Ditiru