Mengenal Habitat dan Varietas Tanaman Avokad di Indonesia

Pertanianku – Mengenal Tanaman Avokad Avokad (Persea americana Mill.) tidak membutuhkan persyaratan tumbuh tertentu. Tanaman ini dapat tumbuh liar di hutan, atau ditanam di kebun atau pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Tumbuh di daerah tropik dan subtropik dengan curah hujan 1.800—4.500 mm/tahun. Umumnya tumbuhan ini cocok dengan iklim sejuk dan basah, tetapi tidak tahan terhadap suhu rendah maupun tinggi. Di Indonesia, avokad tumbuh pada ketinggian tempat 1—1. 000 m di atas permukaan laut (Depkes RI, 1978). Varietas avokad di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:

Mengenal Habitat dan Varietas Tanaman Avokad di Indonesia

  1. Varietas unggul

Sifat-sifat unggul tersebut antara lain produksinya tinggi, toleran terhadap hama dan penyakit, buah seragam berbentuk oval dan berukuran sedang, daging buah berkualitas baik dan tidak berserat, berbiji kecil melekat pada rongga biji, serta kulit buahnya licin.

  1. Varietas lain

Varietas avokad kelompok ini merupakan plasma nutfah Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi, Tlekung, Malang. Beberapa varietas avokad yang terdapat di kebun percobaan Tlekung, Malang ada beberapa jenis/varietas avokad antara lain merah panjang, merah bundar, dickson, butler, winslowson, benik, puebla, furete, collinson, waldin, ganter, mexcola, duke, ryan, leucadia, queen dan edranol.

Baca Juga:  Kaya Nutrisi, Buah Nangka Wajib Ada di Menu Diet
Loading...