Mengenal Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Jambu Bol

Pertanianku – Jambu bol merupakan tanaman pendatang dari Malaya yang kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, jambu bol banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Jawa Tengah, terdapat sejenis jambu bol yang dikenal dengan nama jambu Darsono (Syzygium samarangense (Blume) Merr & Perry). Banyak orang mengira jambu bol dan jambu darsono adalah tidak sama, tetapi berbeda. Perbedaanya adalah warna buahnya dan munculnya tandan bunga pada cabang dan rantingnya.jambu bol 6

Hama yang menyerang tanaman jambu bol tidak banyak. Hama penggerek daun yang menyebabkan daun berbintil-bintil, di dalamnya terdapat larva kutu berwarna abu-abu. Bila serangan hebat, seluruh daun permukannya menjadi berbintil. Hama ini sangat sulit diberantas, tetapi dapat dicegah dengan menaburkan Furadan 3G sebanyak 20—100 g/pohon di sekeliling tanaman.

Penyakit jamur upas yang biasa menyerang tanaman jambu air tidak akan mengancam tanaman jambu bol. Binatang kelelawar pada malam hari merusak jambu yang mendekati matang. Kelelawar dapat membawa buah terbang jauh untuk dimakan sambil bergantungan di tempat yang aman.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Kenali Buah Jamblang Lebih Dekat
Loading...