Mengenal Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Pepaya


Pertanianku – Hama yang sering menyerang tanaman pepaya pada musim kemarau adalah tungau merah Tetranychus kansawai dan kutu daun yang berwarna kuning Myzus persicae. Kutu daun inilah yang menjadi vektor dan penyebar virus keriting (mosaik) yang ditakuti petani pepaya karena sukar diberantas.

pepaya 5Penyakit yang biasa menyerang tanaman pada kondisi lembap dan suhu malam dingin adalah bercak buah Colletotrichum gloeosporioides dan penyakit busuk akar Phytophthora palmivora. Selain itu, penyakit lain yang sering menyerang tanaman pepaya adalah layu bakteri Bacterium papayae. Tanaman yang terserang bakteri layu akan menunjukkan gejala layu mendadak, tanpa ditandai dengan menguningnya daun. Buah yang masih muda tampak pucat dan getahnya encer sekali. Biasanya, buah yang masih muda berguguran. Penyakit busuk akar dan layu dapat dicegah dengan drainase kebun yang baik. Hama tungau merah dan kutu daun dapat diatasi dengan menyemprotkan Kelthane 0,2%.

Tanaman pepaya diduga berasal dari Amerika tropis di antaranya Meksiko, kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Nenek moyang pepaya adalah Carica peltata Hook & Arn. Di Indonesia, tanaman pepaya merupakan tanaman pekarangan yang hampir ditanam oleh setiap keluarga.

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Apa sih Keistimewaan Labu Kuning?
loading...
loading...