Mengenal Hari Krida Pertanian Indonesia

Pertanianku – Hari Krida Pertanian merupakan hari besar dunia pertanian yang rutin diperingati setiap tahunnya tepatnya tanggal 21 Juni. Hari Krida Pertanian diperingati guna mengenang tokoh-tokoh pertanian, peternakan, baik itu petani, pengusaha di sektor pertanian dan peternakan.

Mengenal Hari Krida Pertanian Indonesia

Hari Krida Petanian diperingati setiap tanggal 1 Juni karena jika dilihat dari sisi astronomi, tanggal 21 Juni dimana posisi dimana matahari memberikan tenaga kehidupan bagi bagi seluruh mahkluk hidup seperti manusia, tumbuhan, dan binatang. Karena pada 21 Juni garis Balik Utara berada di 23 ½° LU. Karena pada keadaan itu proses produksi tanaman berakhir dan akan dimulainya persiapan produksi selanjutnya, dan disaat inilah para petani merasa bersyukur atas panen raya.

Selain itu, tanggal 21 Juni jika dilihat berdasarkan pembagian musim atau yang lebih dikenal Pranata Mangsa yang merupakan suatu sistem pembagian musim yaitu seperti yang kita tahu ada 12 musim. Yang meliputi hujan, angina, serangga, penyakit ungags, serta masih banyak lainnya. Inilah yang menjadi landasan diperingatinya Hari Krida Pertanian setiap 21 Juni sebagai permulaan musim yang baik untuk memulai penanaman kembali.

Oleh karena itu, Hari Krida Pertanian Indonesia dianggap sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya yang berlimpah dan dirasakan oleh banyak petani. Serta dengan diperingatinya Hari Krida Pertanian juga dapat memberikan apresiasi kepada pihak-pihal yang telah berjasa di bidang pertananian sehingga sehingga pertanian di Indonesia khususnya tetap berjalan dengan baik serta menciptakan inovasi-inovasi yang dapat membangun pertanian Indonesia lebih berjaya.

Baca Juga:  Jurus Meningkatkan Nilai Tambah Olahan Cabai dengan Metode Pengeringan