Mengenal Hewan Perentie Khas Australia


Pertanianku – Australia dikenal sebagai benua yang memiliki keanekaragaman hewan. Bahkan diantaranya sudah menjadi hewan yang khas dan salah satu yang wajib ditemui jika Anda berkunjung, seperti kanguru, tazmania, devil, koala dan wallaby.

Mengenal Hewan Perentie Khas Australia

Banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke Australia untuk melihat langsung kehidupan hewan-hewan unik khas negara ini secara langsung di tanah habitatnya. Biasanya, hewan khas Australia termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintahannya sehingga sulit ditemui di negara lain.

Perentie adalah salah satu hewan unik khas Australia. Hewan berjenis reptil ini merupakan biawak terbesar di Australia dan kadal terbesar ketiga di dunia, setelah komodo dan biawak air. Hewan ini bisa Anda temukan di kawasan gurun di tengah dan barat Australia. Spesies ini tidak banyak terlihat karena sifat mereka yang pemalu. Maka tak heran jika banyak orang jarang mengetahui keberadaan reptil ini di habitatnya. Hewan berjenis reptil ini merupakan biawak terbesar di Australia dan kadal terbesar ketiga di dunia, setelah komodo dan biawak air.

Sama seperti reptil lainnya, perentie memiliki lidah bercabang dan sering dijulurkan ke luar. Biawak ini dapat tumbuh hingga 2,5 meter. Meski ukurannya lebih kecil dari sepupunya yang lebih besar yaitu komodo dragon yang berada di Indonesia, namun biawak asal Australia ini tak kalah menarik. Namun, hewan ini dikenal sebagai pemburu yang hebat. Kuat berburu dalam waktu yang lama dan bisa berlari dengan cepat.

Ia dapat mendeteksi mangsa bahkan dapat memperkirakan kapan mangsanya lewat dengan cara menjulurkan lidahnya yang bercabang seperti ular, namun, tidak seperti ular yang dapat mendeteksi panas. Makananya favoritnya di gurun Australia adalah kadal dan biawak, termasuk dari spesiesnya sendiri. Kadal ini juga pemakan bangkai yang rakus.

Baca Juga:  Wahana Baru di Kebun Binatang Monarto Adelaide Buat Merinding
loading...
loading...