Mengenal Hiu Karpet, Hewan Eksotis Asal Raja Ampat


Pertanianku – Kekayaan bawah laut Raja Ampat bersembunyi suatu spesies yang disebut “penguasa bayangan” perairan Raja Ampat, yaitu hiu karpet atau nama ilmiahnya Hemiscyllium freycineti. Hiu ini memiliki habitat di laut dangkal dengan terumbu karang, pasir dan rumput laut yang lebat dan kondisi itu biasanya digunakan oleh hiu karpet sebagai tempat yang sangat tepat untuk berkamuflase atau melindungi diri, atau mungkin pada saat berburu juga. Hiu karpet hanya bisa ditemukan di wilayah Raja Ampat serta Papua Nugini. Untuk wilayah Raja Ampat, ikan fantastis ini banyak berkeliaran di sekitar Waiwo.

Hiu Karpet, Hewan Eksotis Asal Raja Ampat

Sesuai dengan namanya, bentuk hiu yang satu ini mirip dengan karpet. Berbeda dengan hiu kebanyakan, bentuknya lebih rata dengan rumbai-rumbai di bagian mulutnya dan badannya. Benar-benar mirip karpet. Seperti dilansir DetikTravel (30/5).

Hewan eksotis Asal Raja Ampat, Hiu karpet memiliki bobo tubuh sekitar 60 cm hingga 1 mater. Memiliki warna cokelat dengan rumbai putih gading. Warna tubuhnya itu yang memudahkan ikan ini berkamuflase. Untuk bisa melihat hiu karpet, Anda harus menyelam terlebih dahulu. Hiu karpet tinggal di dasar laut dengan kedalaman sekitar 20 meter. Jadi ketika mulai mencapai kedalaman lebih dari 15 meter, cobalah perhatikan sekeliling siapa tahu ikan itu lewat.

Tidak mudah memang menemukan hiu karpet. Ikan yang bisa dibilang sebagai penunggu dasar laut Raja Ampat ini karena kamuflasenya. Sebaiknya Anda menyelam bersama pemandu yang sudah lebih ahli dalam menemukan si hiu. Jika bisa bertemu hiu karpet, tentu Anda mendapat pengalaman diving yang tidak akan terlupakan. Agar tidak sampai mengganggunya, perhatikan saja pergerakan ikan itu dari jarak yang dirasa aman.

Baca Juga:  Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?