Mengenal Ikan Arwana Spotted Baramundi


Pertanianku – Spotted baramundi (Scleropages leichardti) ditemukan di sungai Fitzroy, Queensland, Australia. Ikan ini hidup pada kisaran suhu yang sangat luas, yaitu antara 4—40o C. Sekalipun demikian, kisaran suhu yang nyaman untuknya antara 24—28o C. Ikan arwana jenis ini menghendaki air yang agak asam sampai sedang. Selian itu, ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan air.

Mengenal Arwana Spotted Baramundi

Sama dengan jenis lainnya, arwana australia juga mengerami telur dalam mulutnya sehingga sebutan ‘buccal incubator’ pun disandangnya. Setiap kali ikan ini bertelur maka antara 70—200 butir telur berukuran 10 mm selalu ditempatkan dalam mulutnya. Untuk pemijahan ini, arwana australia membutuhkan air dengan suhu di atas 20o C.

Dengan ukuran panjang tubuhnya yang bisa mencapai 1 m, tidak syak lagi, untuk memelihara ikan ini membutuhkan akuarium yang berukuran besar. Untuk airnya, arwana australia tidak menghendaki persyaratan khusus. Air sumur pun yang telah diendapkan bisa dipakai untuk memajangnya. Seperti kerabatnya, ikan ini memakan di permukaan dan makanan yang disukai adalah sebangsa belalang. Arwana australia juga menghendaki ikan-ikan rucah dan ikan kecil serta katak sebagai makanannya. Di dalam akuarium, ikan ini biasanya diberi potongan makanan dan ikan kecil yang masih hidup.

Badan arwana yang satu ini mirip dengan badan bandeng, dengan potongan sirip dan dubur yang membulat, mendekati bentuk sirip ekor. Badannya berwarna kuning keemasan dengan susunan sisiknya yang rapi.Badannnya juga dihiasi bintik kuningkemerahan. Tidak ketinggalan pada siripekor, punggung, dan duburnya. Padamoncongnya, juga terdapat sepasang sungut.

 

Sumber:  Buku Arwana

Baca Juga:  Jenis Ikan Hias Kecil yang Tidak Mudah Mati
loading...
loading...