Mengenal Ikan Black Darter Tetra

Pertanianku – Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membudidayakan ikan black darter tetra adalah dengan membedakan jenis kelamin. Ikan black darter tetra jantan berwarna lebih memiliki warna terang dengan sirip punggung yang menyerupai bendera sedangkan betina cenderung biasa.

Mengenal Ikan Black Darter Tetra

Teknik breeding dapat dilakukan di aquarium. Syarat utama dalam tangki breeding adalah adanya lubang atau pipa plastik yang panjang, pH air harus dijaga antara 4–5 dengan kesadahan yang rendah. Makanan yang tersedia haruslah pakan hidup kecil untuk membuat ikan ke kondisi bertelur.

Loading...

Jantan akan memilih territorinya di satu lubang atau lebih tergantung dari jumlah saingan. Setelah siap breeding, jantan akan meningkatkan warna putih pada tubuhnya, menebalkan ujung sirip panggulnya, sedangkan betina akan lebih terlihat hitam dengan sirip anal cenderung kemerahan. Proses breeding akan berlangsung dalam beberapa hari sampai menghasilkan telur.

Telur biasanya akan diletakkan di atap atau langit-langit pipa dan lubang yang telah terpilih oleh ikan sebagai tempat bertelur. Telur yang dihasilkan biasanya berjumlah 50 sampai 100 butir. Pejantan akan menjaga telur selama pengeraman dan akan menggunakan kibasan sirip caudalnya untuk menyingkirkan telur yang tidak subur. Telur akan menetas setelah 4–5 hari. Pejantan biasanya akan berpasangan dengan betina kedua selama proses pengeraman dan telur yang dihasilkan ditempatkan pada sisa tempat di sarang utama.

Dianjurkan untuk memindahkan pipa telur pertama ke tangki lain dan menggantinya dengan pipa baru untuk proses bertelur berikutnya. Anakan ikan yang telah bisa berenang mempunyai mulut yang cukup untuk memakan Artemia nauplli, pada masa ini induk jantan akan berhenti penjagaannya. Setelah penjagaan selesai maka jantan harus segera dipisahkan untuk mencegah jantan memakan anakan ikan. Jantan yang telah dipisahkan harus segera diberi banyak makanan karena dia tidak makan selama proses penjagaan anak.

Baca Juga:  Arwana Brazil Silver, si Ikan Naga Perak
Loading...
Loading...