Mengenal Ikan Black Moly

Pertanianku – ikan black molly (Poecilia sphenops) merupakan keluarga pocilidae. Bentuk tubuh ikan ini menyerupai ikan guppy karena masih satu keluarga. Panjang tubuh ikan ini sekitar 5–7 cm. bentuk tubuh black molly memiliki warna hitam mengkilap dari kepala hingga sirip ekor, sirip ekor berbentuk sabit dan sirip punggung menjuntai ke belakang hingga mencapai pangkal ekor. black molly merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon dan sungai-sungai Amerika Selatan. Ikan ini hidup disela-sela akar tanaman air dan menetaskan telurnya di sela-sela akar tersebut pula. Meskipun habitat aslinya adalah sungai, namun pemeliharannya di akuarium tidak terlalu menyulitkan.

Mengenal Ikan Black Moly

Sebelum menyiapkan akuarium, ada beberapa alat yang perlu disiapkan seperti filter, aerator, batu aerasi, batu zeolit. Tentunya peralatan tersebut harus dicuci terlebih kemudian keringkan terlenih dahulu, setelah benar-benar bersih dan kering kemudian masukan ke dalam akuarium yang telah diisi air.

Akuarium yang cocok untuk memelihara ikan ini yaitu ukuran 70x43x30 cm. sebelum akuarium digunakan usahakan dibersihkan terlebih dahulu kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam hingga benar-benar kering, kemudian diisi air sekitar 40 liter. Berikut tahapan budidaya ikan black molly antara lain: 

  1. Pemijahan

Siapkan akuarium untuk pemijahan berukuran 70 x43x30 cm, perbandingan jumlah indukan black molly adalah 10 induk betina dan 5 ekor induk jantan, berukuran sekitar 4–6 cm dan umur 3 bulan. Sebaiknya sediakan pula tanaman air sebagai media untuk bersembunyinya anak-anak ikan black molly.

Ciri dari induk betina black molly adalah dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium tetapi berupa sirip halus, tubuhnya gemuk, warnanya kurang cerah, sirip punggung biasa, kepalanya agak runcing. Sedangkan induk jantannya mempunyai gonopodium (tonjolan di belakang sirip perut), tubuhnya ramping, warnanya lebih cerah, sirip punggung lebih panjang, kepalanya agak besar.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

Satu minggu setelah kedua induk memijah, anak-anak ikan black molly akan bermunculan dari sela-sela akar tanaman air. Anakan ikan ini diberikan pakan berupa kutu air kemudian meningkat sejalan dengan pertumbuhan benih, dengan cacing sutera.

  1. Pemeliharaan

Pemberian cacing sutera sebagai pakan ikan black molly dimaksudkan agar akuarium tidak cepat kotor, membuat warna hitamnya mengkilat dan membantu pertumbuhannya. Pemberian pakan dilakukan sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Jangan lupa juga melakukan penyipon akuarium. Penyiponan dilakukan setiap 2–3 hari sekali, hal ini untuk menjaga kebersihan air dan akuariumnya. Untuk pembersihan filter dilakukan setiap 1–2 minggu sekali. Dalam penggantian air diusahakan kondisi air seperti suhu dan pH antara air yang lama dengan yang baru tidak terlalu jauh berbeda,suhu yang cocok untuk ikan black molly adalah 24-26 °C dan pH yang dibutuhkan antara 7–8.


loading...