Mengenal Ikan Gurame Hias

Pertanianku – Gurame hias memang belum tenar seperti ikan gurame untuk konsumsi. Mungkin sebagian kalangan belum banyak yang mengenathu ikan grame hias. Tidak jauh berbeda dengan gurame konsumsi, gurame albino padang tergolong ikan yang memiliki masa produktif lama yakni sekitar 20 tahun.

Mengenal Ikan Gurame Hias

Sebagai ikan hias, gurame padang albino memiliki penampilan yang sangat menarik terutama dari segi warna pada tubuhnya. Ikan ini memiliki warna putih atau albino yang memikat. Namun, ada beberapa jenis gurame padang yang memiliki warna selain albino, yaitu merah, biru, dan hijau. Ikan yang termasuk famili Belontiidae ini memiliki tubuh oval dan memiliki organ labirin (pernapasan tambahan) yang membuatnya dapat mengambil oksigen langsung dari udara di atas permukaan air sehingga memudahkannya untuk beradaptasi pada berbagai kondisi air dan lingkungan serta memiliki daya tahan yang baik.

Gurame hias cocok dipelihara bersama dengan jenis ikan hias lain dalam akuarium karena ikan ini memiliki sifat pendamai. Untuk penempatan di akuarium, biasanya ukuran ikan gurame hias sekitar 2–3 jari. Meski memiliki ukuran kecil, namun, daya tarik ikan gurame hias terlihat sangat memukau.

Gurame hias jantan cenderung menjaga wilayahnya dari gurame lainnya (bersifat teritorial). Oleh karena itu, sebaiknya tidak memelihara lebih dari satu ekor gurame hias jantan dalam satu akuarium, kecuali akuarium tersebut berukuran besar atau tersedia tempat untuk masing-masing gurame jantan dalam menetapkan wilayahnya.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

loading...