Mengenal Ikan Hias Air Tawar Agamyxis pectinifrons


Agamyxis pectinifrons

Familia : Doradidae

Nama daerah : –

Asal : Ekuador, Rio Maranon, Amerika Selatan.

Ukuran maksimal : 5,5 inci atau 15 cm.

Air optimal : suhu 24–260 C; pH 6,5–7,5; dan dH 8–100.

  • Morfologi/Tingkah Laku

Ikan ini tergolong catfish atau ikan bersungut dan merupakan ikan dasar. Warnanya hitam dengan totol-totol putih cantik.

  • Pakan dan Pemeliharaan

Sifatnya omnivora yang bisa memakan apa saja baik, pakan alami maupun buatan. Aktif mencari makan pada malam hari. Ikan ini amat senang bersembunyi dalam lubang-lubang. Oleh karena itu, diperlukan bebatuan dalam pemeliharaannya.

  • Perkembangbiakan (Breeding)

Sudah ada yang memijahkannya dengan cara suntik hormon. Induk betina yang matang gonad memiliki perut yang sangat gendut dan jauh lebih besar dari jantannya yang langsing dan lebih kecil. Kadar hormon sekitar 0,3–0,5 ml/kg berat tubuhnya sudah dapat membuatnya ovulasi.

Pembuahan umumnya dilakukan dengan cara buatan yaitu mengeluarkan telur dan sperma dengan cara pengurutan dan keduanya dicampurkan dalam satu wadah. Setelah itu, telur dapat ditebar untuk ditetaskan. Walaupun ikan ini memiliki Aequidens rivulatus telur yang banyak, hanya sedikit yang menetas. Hal itu karena telurnya sangat rentan pecah serta amat peka dengan fluktuasi suhu dan kualitas air. Oleh karena itu, sangat perlu pengelolaan lingkungan penetasan telur yang optimal.

 

Sumber:  Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?
loading...
loading...