Mengenal Ikan Komet


Pertanianku – Bagi Anda yang hobi memelihara ikan hias, pasti sudah mengenal ikan komet. ikan dengan nama Latin Carassius auratus auratus ini memiliki buntut panjang dengan warna cerah yang akan membuat ini menuai popularitas dalam waktu singkat. Sempat tenggelam, kini ikan hias yang diberi nama komet helley, ini mulai digandrungi para hobiis ikan hias.

Mengenal Ikan Komet

“Dulu ikan komet sempat booming sekitar awal tahun 2000, terus menghilang tiba-tiba. Tapi, sekitar akhir 2014 mulai ramai lagi,” ujar Rasyid, salah seorang penjual ikan hias. Keistimewaan ikan ini Rasyid menilai, orang yang mencari ikan ini kebanyakan karena hobi. Yang jelas, sebagai ikan hias tentu saja memiliki sebuah ‘magnet’ atau kelebihan dibandingkan dengan ikan lainnya. “Misalnya, dilihat dari buntutnya, ikan komet memiliki buntut yang lebih panjang dan indah daripada ikan pada umumnya. Ia juga memiliki warna yang bagu,s yaitu perpaduan antara merah keoranyean dengan putih,” jelas Rasyid.

Selain itu, ikan komet memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan ikan mas koki, walaupun masih satu keturunan dengan ikan tersebut. Di luar itu semua, yang membuat banyak hobiis tertarik dengan ikan ini karena harganya yang relatif murah. “Jadi, dasar orang membeli ikan komet sebenarnya bukan karena keistimewaannya tapi memang karena dia suka dan hobi memelihara ikan komet,” tutur Rasyid.

Baca Juga:  Pencinta Ikan Hias Yuk, Kenali Jenis-jenis Ikan Guppy!
loading...
loading...