Mengenal Ikan Mandarin fish


PertaniankuMandarin fish atau nama ilmiahnya Synchiropus splendidus merupakan ikan hias air laut yang memiliki ukuran kecil dan memiliki warna yang cerah. Disamping warnanya yang cantik dengan serta full color, dan memiliki mata yang sangat menakjubkan karena dapat melirik-lirik untuk memperhatikan keadaan sekitarnya.

Yuk Kenalan dengan Ikan Mandarin fish

Mandarin fish berasal dari Samudra Pasifik, tepatnya dari Kepulauan Ryukyu hingga Australia. Mandarin fish adalah keluarga perciform callionymidae, terdiri dari 10 marga dan lebih dari 182 spesies. Habitat dan penyebaran mandarin fish ini sebagian besar di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Australia. Ikan ini biasanya ditemukan sebagai penghuni patahan karang yang rusak dan di bawah karang yang sudah mati. Makanan yang disukai ikan ini adalah larva udang, larva ikan, artemia, capepoda, cacing merah, dan jentik nyamuk.

Ikan ini mempunyai bentuk yang sedikit aneh dimana ikan ini memiliki kepala yang besar dan tertekan kebawah, dari mulutnya yang kecil dan mengarah kebawah menandakan ikan ini pemakan organisme dasar yang berukuran kecil. Bagian sirip dada bulat dan besar, bagian insang tertutup dan hanya ada lubang kecil tidak seperti ikan pada umumnya. Pada bagian samping kepala terdapat sepasang duri bergerigi. Ukuran hewan ini terbilang kecil, hanya sekitar 6,5 cm.

Mandarin fish tidak mempunyai sisik, akan tetapi kulitnya dilapisi oleh selaput lendir yang cukup banyak dan lendir tersebut merupakan senjata untuk para predator karena baunya yang aneh, lendir ini juga berfungsi melindungi dari serangan parasit, sehingga ikan ini termasuk ikan yang tahan terhadap serangan penyakit.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui