Mengenal Ikan Mas Koki Teleskop


Pertanianku – Ikan mas koki yang satu ini memiliki mata seperti teleskop atau biasa disebut telescope eye goldfish. Ikan mas koki jenis ini memiliki ciri mata yang menonjol keluar.

Mengenal Ikan Mas Koki Teleskop

Ikan mas koki teleskop berasal dari Cina, dan diperkirakan mulai masuk ke Jepang pada 1895. Diduga mas koki teleskop merupakan jenis fantail (ryukin). Ikan mas koki ini juga dikenal sebagai mas koki globe eye atau dragon eye.

Mas koki mata teleskop memiliki bentuk mata yang menonjol ke luar seperti orang yang sedang menggunakan teleskop. Pada waktu ikan mas koki ini masih kecil matanya berbentuk normal. Bentuk matanya akan mulai berubah menjadi seperti teleskop saat usia ikan tiga bulan. Perubahan bentuk mata itu berkembang seiring dengan pertumbuhan badannya. Perubahan bentuk mata pada mas koki ini terkadang hanya terjadi pada sebelah mata, sedangkan yang lain tetap normal. Maskoki teleskop seperti ini bermutu jelek, sehingga tidak begitu laku dijual.

Selain matanya yang menonjol keluar, ikan ini sesungguhnya mirip dengan mas koki ryukin. Mas koki mata teleskop memiliki tubuh yang menurun ke bawah dan sirip yang panjang menjuntai. Ikan ini memiliki warna tubuh merah, merah-putih, kaliko, hitam-putih, cokelat, biru, lavender, cokelat-biru dan warna hitam. Ikan hias ini juga memiliki sisik nacreous atau metalik. Mas koki mata teleskop dapat tumbuh dengan ukuran cukup besar.

Ada tiga varietas mas koki teleskop, yaitu mas koki aka demekin, kuro demekin, dan shankou demekin. Aka demekin adalah mas koki teleskop merah, juga dikenal sebagai si mata bundar merah metalik. Kuro demakin adalah mas koki teteskop hitam, juga lazim disebut si hitam pekat karena warna tubuhnya hitam. Shankou demekin adalah mas koki kaliko yang corak warna tubuhnya berwarna-warni. Demekin hitam juga dikenal sebutan sebagai mas koki Moor, seperti moor hitam dan moor panda.

Baca Juga:  Pencinta Ikan Hias Yuk, Kenali Jenis-jenis Ikan Guppy!

Untuk perawatannya, karena mas koki teleskop memiliki penglihatan yang kurang baik, maka ikan-ikan ini tidak boleh dicampur dengan ikan mas koki jenis lainnya yang lebih aktif, dan tidak boleh ditempatkan di dalam akuarium yang terdapat benda tajam atau runcing didalamnya.

loading...
loading...