Mengenal Ikan Neon Tetra


Pertanianku – Beberapa orang pasti suka saat melihat gerombolan ikan kecil dengan beragam warna yang menarik berenang dengan lincah di dalam kolam atau akuarium. Jika Anda menyukai hal itu, ikan neon tetra bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mengenal Ikan Neon Tetra

Ikan yang berasal dari Sungai Amazon, Amerika, ini memiliki nama Latin Paracheirodon innesi. Meskipun ikan hias ini tergolong ikan yang mudah dipelihara dan tidak mudah sakit, namun, membiakkannya tetap memerlukan ketekunan.

Selain jenis neon tetra, ada beberapa jenis lagi yang dikenal di Indonesia antara lain green tetra, silver tetra, dan blue tetra. Namun, neon tetra merupakan jenis yang sangat mendapatkan perhatian, hal ini karena mulai dari insang hingga ekor terdapat garis berwarna merah dan biru kehijauan.

Untuk membedakan antara jantan dan betina sebenarnya cukup mudah. Ikan neon tetra jantan memiliki bentuk agak panjang dan garis neon lurus. Adapun neon tetra betina bentuknya bulat pendek dengan perut membesar dan memiliki garis agak bengkok.

Indonesia merupakan negara selain Cina yang sukses mengembangbiakkan neon tetra. Pasar ekspor ikan neon tetra melingkupi Singapura, Amerika Serikat, dan Eropa. Untuk permintaan di Eropa sendiri tidak hanya sebagai ikan hias saja tetapi sebagai bahan kosmetik karena zat yang terkandung dalam warnanya. Hal inilah yang membuat breeder ikan hias jenis ini kewalahan mengatasi permintaan ekspor.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...