Mengenal Ikan Sungai Amazon Orinoco Peacock Bas


Pertanianku – Ikan ini sering dikenal dengan nama Borboleto, Taua dan Pavon. Borboleto dalam bahasa Portugis berarti “Kupu-kupu”, hal ini banyak membingungkan orang antara spesies ikan ini dengan Butterfly Peacock Bass (Cichla Ocellaris).

Mengenal Ikan Sungai Amazon Orinoco Peacock Bas

Orinoco peacock bass (Cichla Orinocensis) termasuk salah satu dari lima belas spesies peacock bass yang telah ditemukan, ikan ini merupakan family Cichlid yang tersebar mulai dari bantaran sungai Amazon, Rio Negro, Rio Orinoco dan Rio branco. Sungai-sungai tersebut berada di Venezuela, Columbia dan Brazil.

Seperti halnya ikan peacock bass lainnya, ikan ini mempunyai range warna tubuh dari kuning keemasan sampai hijau keemasan yang tersebar di seluruh bagian tubuh. Selain itu, bagian bawah tubuh (perut) berwarna kemerahan dan bagian atas tubuh (punggung) berwarna kebiruan.

Ciri khas dari orinoco peacock bass ialah adanya tiga pola yang sangat jelas yang tersusun vertikal di kedua sisi tubuhnya. Pola berbentuk cincin dengan bagian dalam berwarna hitam mencolok dan berwarna keperakan pada bagian garis tepinya, terkadang dalam pola tersebut terdapat pola-pola cincin keemasan yang lebih kecil. Pada bagian kepala (pipi) tidak terdapat marking gelap seperti yang terdapat pada sepupunya Cichla temensis.

Orinoco peacock bass beradaptasi dengan lingkungan berarus cepat dengan mengembangkan tubuh yang licin dan kuat, sehingga ikan ini dikenal dikalangan pemancing sebagai ikan yang mempunyai kekuatan besar saat menangkap umpan. Ikan dewasa dapat mempunyai panjang tubuh sekitar 60 cm, bahkan pernah dilaporkan ada orinoco peacock bass yang mempunyai berat tubuh lebih dari 6 Kg.

Ikan ini ditemukan cenderung mendiami perairan yang dangkal dan berarus sedang. Namun jika melihat kondisi habitat aslinya, ikan ini juga terbiasa dengan perairan berarus cepat. Lokasi yang biasa disukai ikan ini adalah di sekitar garis pantai, kolam atau bendungan dan danau di pinggir laut. Akhir-akhir ini, orinoco peacock bass juga mulai populer sebagai ikan aquarium karena keindahan warna tubuhnya. Masa hidup ikan ini bervariatif yakni sekitar 8–12 tahun.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui