Mengenal Ikan Tambraparni Barb


Pertanianku – Banyak orang yang sering keliru untuk membedakan spesies ini dengan Arulius barb (Puntius arulius), karena memiliki persamaan fisik yang sangat mirip. Dulu dianggap bahwa puntius tambraparnie merupakan subspesies dari arulius barb. Saat ini telah dipastikan bahwa kedua spesies ini berbeda.

Mengenal Ikan Tambraparni Barb

Tambraparni Barb (Puntius tambraparniei) merupakan ikan dari keluarga cyprinidae yang ditemukan di sungai Tambraparni, sebuah sungai yang berada di pegunungan Western Ghat dan mengalir melalui Tamil Nadu, India bagian selatan. Perbedaan terlihat pada Tambraparni barb jantan dewasa yang mempunyai sirip punggung bercabang dan memanjang.

Jika dilihat secara fisik, tambraparni barb hampir sama dengan golongan barb yang lain, namun ada yang membedakan yaitu tubuh lebih gemuk dan sirip punggung ikan jantan dewasa dapat memanjang melebihi sirip normal. Warna tubuh ikan jantan lebih menyolok dibanding tubuh ikan betina. Warna tubuh ikan cenderung orange keperakan dan warna hijau pada tubuh bagian depan. Sirip punggung cenderung berwarna gelap dan terdiri dari 8–10 garis atau cabang dengan 3 cabang yang paling menonjol dan lebih panjang.

Sirip dada dan perut cenderung berwarna transparan. Khusus sirip anal dan ekor berwarna orange. Pada bagian tubuh, terdapat tiga sampai empat pola hitam yang cukup besar melintang dari belakang kepala sampai pangkal ekor ikan. Ukuran tubuh ikan ini rata-rata dapat mencapai 6–7 cm. Tambraparni barb mempunyai mulut kecil yang tertutup dan tidak memperlihatkan rahangnya, bentuk bibir yang halus dengan bibir bawah lebih besar.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui