Mengenal Jambu Air King Rose Apple, Pemilik Aroma Wangi yang Menggoda

PertaniankuJambu air king rose apple diminati oleh pehobi tanaman buah di Indonesia karena buah jambu air ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang menggoda. Selain itu, rasa manis buah ini juga tidak kalah menggoda, apalagi kadar airnya relatif cukup tinggi. Keunggulan lain dari jambu air ini ialah tidak berbiji. Dengan begitu, Anda bisa menikmati manisnya king rose apple tanpa terganggu dengan biji buahnya.

jambu air king rose apple
foto: Pixabay

Selain diminati karena kelebihan yang ada pada buahnya, tanaman jambu air king rose apple juga diminati para penghobi karena sudah bisa berbuah saat tanaman berumur dua tahun setelah tanam. King rose apple bisa ditanam di pot ataupun langsung di tanah pekarangan rumah.

King rose apple berasal dari Thailand, sosok tanamannya tidak begitu tinggi, hanya sekitar 2—2,5 m. Bunga tanaman berbentuk malai dan buahnya berbentuk lonjong berwarna merah muda. Sepintas bentuk fisik king rose apple memang tidak jauh berbeda dengan jenis jambu air umumnya. Berat buah rata-rata sekitar 250—350 gram. Ketika digigit, buah akan terasa lebih renyah, manis, dan mengandung banyak air.

Jambu air king rose apple terbilang cukup mudah dibudidayakan, yang terpenting bibit yang digunakan berkualitas. Pasalnya, bibit berkualitas merupakan langkah pertama yang dapat menentukan subur atau tidaknya tanaman.

Bibit jambur air king rose apple yang bagus berasal dari perbanyakan vegetatif seperti penempelan (okulasi) atau penyambungan. Bekas okulasi atau sambungan pada bibit tersebut berada pada 20—30 cm dari leher akar.

Bibit yang bagus untuk ditanam minimal sudah berumur empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun. Selain itu, bibit yang bagus juga terbebas dari serangan hama dan penyakit. Kondisi tersebut dapat ditandai dari kondisi batang yang mulus dan tidak berlubang, daun mulus, dan buahnya tidak busuk.

Baca Juga:  Pengendalian Terpadu Penyakit Kerdil Tanaman Lada

Penting untuk mencari bibit yang berasal dari pohon induk unggulan karena bibit vegetatif menurunkan sifat unggul induk. Oleh karena itu, Anda perlu membeli bibit jambu air king rose apple di tempat pembibitan yang sudah tersertifikasi atau di toko pertanian tepercaya yang selalu menjual bibit-bibit buah berkualitas.

Salah satu toko pertanian tepercaya yang sudah berpengalaman puluhan tahun menjual bibit tanaman buah unggulan adalah Toko Trubus. Anda bisa mendapatkan bibit jambu air king rose apple unggul dan berkualitas di Toko Trubus. Selain itu, tersedia pula beragam kebutuhan berkebun di Toko Trubus, mulai dari benih dan bibit tanaman, media tanam, pupuk dan pestisida, hingga alat-alat pertanian lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan berkonsultasi kebutuhan berkebun Anda, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Selain itu, Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi Toko Trubus terdekat.