Mengenal Jamur Kancing si Nikmat Banyak Penggemar

Pertanianku — Punya banyak penikmat, jamur kancing adalah jamur rasa yang lezat. Bentuknya yang unik seperti kancing membuat jamur ini dijuluki demikian. Anda bisa mengenali jamur kancing dari bentuknya yang bulat seperti bola dan pipih di bagian atasnya. Warna jamur kancing biasanya putih atau krem kecokelatan.

jamur kancing adalah
Foto: pixabay

Di dunia, jamur kancing merupakan salah satu jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan. Speseis Agaricus bisporus ini sering juga disebut sebagai jamur kompos. Jamur kancing juga populer dengan nama lain jamur champignon.

Selain itu, jamur ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti table mushroom, white mushoom, common mushroom, atau cultivated mushroom. Di Prancis, Anda bisa menjumpai jamur ini disebut champignon de Paris.

Loading...

Secara mikologi, jamur kancing memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jamur konsumsi lainnya. Himenium jamur kancing berbentuk insang dan bebas. Sementara, bagian tudungnya berbentuk cembung dengan tangkai bercincin.

Jamur kancing memiliki jejak spora berwarna cokelat. Di alam, jamur ini hidup secara saprofit. Jamur saprofit adalah jamur yang hidup menumpang pada sisa makhluk hidup lain. Jamur ini akan memakan organisme yang sudah mati atau busuk dan bertindak sebagai pengurai tanpa merugikan inangnya.

Saat dibudidayakan, jamur kancing bisa dipanen ketika diameternya berukuran 2—4 cm. Tubuh buah jamur kancing yang sudah dewasa memiliki ciri payung yang sudah mekar hingga diameternya mencapai 20 cm.

Jamur kancing biasa dijual dalam bentuk segar atau awetan. Metode pengawetan yang paling umum digunakan adalah dengan pengalengan. Olahan jamur kancing pun sangat mendunia. Di negara-negara barat, jamur kancing digunakan sebagai bahan untuk membuat omelet, pizza, kaserol, gratin, hingga salad.

Cara memasaknya pun mudah. Jamur kancing bisa dimasak utuh atau dipotong-potong terlebih dahulu. Jika dibiarkan di udara terbuka, warnanya akan berubah kecokelatan.

Baca Juga:  Jamur Merah Bantu Tanaman Jeruk Atasi Kutu Sisik

Alasan digunakannya jamur kancing dalam berbagai masakan karena rasa dan aromanya yang unik. Selain itu, tekstur jamur kancing pun istimewa dibanding jamur-jamur lainnya. Jamur ini memiliki rasa yang sedikit manis dan tekstur yang hampir mirip dengan daging.

Tak hanya nikmat, jamur kancing juga menyehatkan. Seperti semua makanan nabati dari tanaman, jamur kancing bebas dari lemak. Jamur kancing juga tidak mengandung sodium dan kaya akan vitamin dan mineral di antaranya vitamin B dan kalium.

Bagi pelaku diet, jamur ini juga baik untuk dikonsumsi. Jamur kancing terkenal rendah kalori. Setiap 5 buah jamur kancing setara dengan 20 kalori.

Loading...
Loading...