Mengenal Jenis Ayam Pelung


Pertanianku – Ayam buras terdiri dari beragam jenis,bentuk, ukuran, warna bulu, dan produktivitas. Beberapa jenis ayam buras yang  populer di antaranya ayam kampung, kedu putih, kedu hitam, nunukan, pelung, dan ayam hias. Salah satunya sebagai berikut berikut.

Ayam Pelung

Ayam pelung digemari karena suaranya yang merdu dan panjang. Namun, jenis ayam ini juga berpotensi sebagai ayam petelur dan pedaging. Hal tersebut disebabkan ayam pelung memiliki ukuran tubuh yang besar, daging tebal, dan produksi telur cukup tinggi, yaitu 144 butir/ tahun. Berat badan ayam betina pada umur dua bulan mencapai 370 g, sedangkan ayam jantan mencapai 395 g. Pada umur lima bulan, berat badan betina mencapai 1,6 kg dan pada pejantan mencapai 1,8 kg.

Berat telur ayam pelung per butir rata-rata 41 g. Ayam pelung memiliki warna bulu yang beragam, seperti hitam dan kuning. Kaki agak panjang dan kuat. Jantan memiliki jengger agak besar, berdiri tegak, serta bagian pinggirnya bergerigi. Suaranya nyaring, panjang, dan berirama. Sedangkan pada yang betina suaranya biasa saja disertai jengger yang kecil, tebal, dan berwarna merah.

 

Sumber: Buku Ayam Buras Pedaging

 

Baca Juga:  Tips Ampuh Menggemukkan Domba Pedaging
loading...
loading...