Mengenal Jenis Buah Mangga Golek


Pertanianku – Dalam bahasa Jawa, golek berarti “mencari”. Berdasarkan kata itu pulalah penamaan jenis mangga ini karena setelah menikmati rasanya, orang akan mencari lagi buah mangga yang baru saja dimakan.

Mengenal Jenis Buah Mangga Golek

Pohon mangga golek tidak begitu besar dan memiliki tinggi sekitar 9,0 m. Tajuk pohon bulat. Daun mangga golek berbentuk lonjongdengan pangkal agak runcing dan berujung seperti mata tombak.Panjang daun 24 cm dan lebar 6,0 cm dengan jumlah tulang daun 24 pasang. Tepi daunnya sedikit bergelombang.

Bunga mangga golek merupakan bunga majemuk berbentuk seperti kerucut dengan panjang bunga 30—35 cm. Warna bunga kuning bertangkai hijau muda. Mangga golek akan berbunga pada bulan juli—Agustus dan dapat dipanen pada bulan September— November. Buah mangga yang masih muda berkulit hijau muda dan setelah masak kulit pangkal sampai ke bagian tengahnya berubah warna menjadi kuning, sedangkan bagian tengah sampai pucuk menjadi kuning kehijauan dengan bagian pucuk lebih banyak hijaunya.

Buah mangga golek berujung runcing dengan berat per buah bisa mencapi 500 g dan panjang buah sekitar 17 cm. Kulit buah berselaput lilin tipis serta halus. Pada permukaan kulit buah terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan yang akan berubah menjadi putih cokelat tua setelah masak. Daging buahnya tebal, lunak, berwarna kuning tua, tidak berserat, tidak berair (kalau diiris tidak banyak mengeluarkan air), beraroma cukup harum, serta memiliki rasa manis. Pelok/bijinya berserat pendek serta berbentuk pipih memanjang dengan panjang sekitar 14 cm.

 

Sumber: Buku Bertanam Mangga di Kebun dan Pot

 

Baca Juga:  Kandungan Gizi dan Manfaat Cabai Untuk Kesehatan
loading...
loading...