Mengenal Jenis Durian yang Tidak Bisa Dimakan

Pertanianku — Selama ini pasti Anda mengenal durian sebagai buah yang lezat untuk dimakan. Dagingnya terasa lembut dan legit, mengeluarkan aroma yang sangat khas. Namun, tahukah Anda, di dunia ini ada jenis durian yang tidak bisa dimakan. Durian ini umumnya dinamakan durian daun karena tanaman tidak bisa menghasilkan buah. Berikut ini jenis durian yang tidak bisa dimakan dilansir dari buku Durian.

jenis durian
foto: Pertanianku

Durio affinis Becc.

Pohon jenis durian ini berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 34 meter dengan diameter batang sekitar 0,5 meter. Bunga tanaman berwarna putih dan buahnya berbentuk bulat atau elips berukuran 9 cm × 8 cm. Daging buah berwarna oranye kekuningan.

Tanaman ini bisa Anda temui di Malaysia, Sabah, Burnei, Sawak, dan Kalimantan Barat. Umumnya, tanaman tumbuh di lereng bukit atau punggung bukit dengan ketinggian 150 m dpl.

Durio carnitus Mast.

Pohon berukuran sedang dengan tinggi mencapai 36 meter dan berdiameter batang sekitar 0,7 meter. Buah tanaman berbentuk oblong dengan daging buah berwarna kuning. Daerah penyebaran tanaman meliputi Sumatera, Penisular Malaysia, dan Borneo (Kalimantan). Biasanya, tanaman durian ini tumbuh di daerah rawa, termasuk di hutan rawa gambut, di perbukitan rendah, atau di hutan dengan tanah bergelombang.

Durio crassipes Kosterm. Et Soeg.

Pohon durian ini dapat tumbuh hingga setinggi 61 meter. Buah tanaman berbentuk agak bulat dengan diameter 7 cm. Panjang tangkai buahnya sekitar 2,5 cm. Daerah persebaran tanaman durian ini adalah Borneo, Sabah, dan Sipitingan. Anda bisa menjumpai tanaman ini di ketinggian 687 m dpl.

Durio graffithii

Berbeda dengan ketiga jenis durian sebelumnya, pohon jenis durian ini berukuran kecil hingga sedang. Tinggi maksimalnya hanya sekitar 30 meter dan berdiameter 0,5 meter.

Baca Juga:  Budidaya Kol Brussel, Kecil-kecil Bermanfaat

Durio kinabaluensis

Pohon durian ini berukuran besar dan tingginya mencapai 40 meter dengan diameter 0,5 meter. Jenis durian ini merupakan spesies endemik di Sabah. Anda bisa menemukan tanaman durian ini di Borneo (Kalimantan). Spesies ini tumbuh di hutan primer di lereng bukit dengan ketinggian 1.373 m dpl.

Itu dia lima jenis durian yang tidak bisa dimakan, sebetulnya masih ada beberapa spesies durian yang tidak bisa dimakan lainnya. Anda bisa menemukan beragam info menarik seputar durian di dalam buku Durian. Info yang disajikan dikemas secara menarik karena dilengkapi dengan berbagai ilustrasi dan foto. Buku tersebut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Penebar Swadaya.