Mengenal Jenis-jenis Bawang Merah

Pertanianku – Bawang merah (bawang yang berumbi merah) ada beberapa jenis yang terkenal, yaitu bawang merah biasa atau brambang atau syalot (Allium ascalonicum) dan bawang merah besar atau bawang bombai atau bawang timur (Allium cepa L.).

Rahasia di Balik Umbi Bawang Merah

Kedua jenis bawang merah itu dapat dibedakan dengan mudah karena masing-masing mempunyai ciri yang khas. Daun bawang brambang berwarna hijau muda, berbentuk bulat panjang, berongga seperti pipa, dan apabila dipotong melintang merupakan lingkaran. Bawang brambang biasanya berumbi kecil diameter terbesar antara 3—4 cm. Rasanya pedas karena kadar minyak eterisnya tinggi. Tanaman ini mudah berbunga di Indonesia.

Loading...

Daun bawang bombai berwarna hijau tua, panjang, berbentuk setengah bulat, dan berlubang seperti pipa. Akan tetapi, apabila daun dipotong melintang merupakan setengah lingkaran. Umbinya besar-besar dengan diameter 5—8 cm. Rasanya tidak pedas dan agak manis. Tanaman bawang bombai sulit berbunga di Indonesia. Bawang bombai berumbi merah atau kuning, ada pula yang berwarna putih. Akan tetapi, umbi putih tidak begitu disenangi konsumen karena rasanya kurang enak.

Varietas bawang brambang yang terkenal adalah cirebon, ampenan, dan sumenep, sedangkan varietas bawang bombai antara lain red criole, yellow grano, dan cairo.

 

Sumber: Buku bertanam 36 Jenis sayur

 

Baca Juga:  Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan Hasilkan Produk Organik
Loading...
Loading...